Tutup Jalan Tol, Aksi Mogok Nasional Buruh di Bekasi, Menolak Perhitungan Kenaikan UMP 2024

Tutup Jalan Tol, Aksi Mogok Nasional Buruh di Bekasi, Menolak Perhitungan Kenaikan UMP 2024

Tutup Jalan Tol, Aksi Mogok Nasional Buruh di Bekasi--Instagram @bekasi24jamcom

JAKARTA, LINGGAUPOS.CO.ID – Buruh atau massa pekerja menggelar demo dan mogok nasional pada Kamis, 30 November 2023, bahkan menutup jalan tol di beberapa titik lokasi.

Lokasi yang dijadikan tempat demo yaitu di Kawasan Industri MM 2100, Kecamatan Cikarang Barat, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat.

Diambil dari berbagai sumber dan unggahan dari akun Instagram @bekasi24jamcom, yang dikutip pada Kamis, 30 November 2023.

Para buruh ini sudah tergabung dalam Aliansi buruh Bekasi Melawan (BBM) melakukan aksi unjuk rasa serentak di wilayah kabupaten dan kota Bekasi.

BACA JUGA:Diskon Produk Kopi di Alfamart, Bukan Produk Israel, Harganya Murah Banget

Aksi ini dilakukan sebagai bentuk respons terhadap penerbitan Peraturan Pemerintah (PP) No. 51 tahun 2023 yang dianggap mereka hanya akan menaikkan upah minimum kota/kabupaten 2024 sekitar 1 persen hingga 3 persen.

Tuntutan yang diajukan Aliansi Buruh Bekasi Melawan yang berjumlah sekitar 20 ribu orang ini, mendesak untuk UMK Tahun 2024 Kabupaten Bekasi mengalami kenaikan sebesar 15 persen dan menolak untuk penerapan PP No 51 Tahun 2023.

“Aksi buruh di kawasan industri EJIP, MM 2100, Delta Silikon Cikarang kabupaten Bekasi sedang berlangsung. Daerah industri lainnya juga,” ujar Presiden KSPI yang sekaligus merupakan Presiden Partai Buruh Said Iqbal.

Iqbal mengancam ke Pemerintah Daerah jika UMK tidak segera dinaikkan sebesar 15 persen maka aksi mogok nasional ini akan terus berlanjut.

BACA JUGA:Jadwal Libur Nasional dan Cuti Bersama Desember 2023, Bisa Liburan Bersama Keluarga

“Kalau gubernur nekat untuk merubah dan tidak menetapkan sesuai rekomendasi yang ada, maka kita bisa lakukan Mogok Nasional Lanjutan,” sambungnya.

Iqbal juga berpesan kepada semua peserta untuk tetap melakukan aksi dengan tertib dan aman.

Namun, menurut informasi aksi yang digelar hari ini dilakukan dengan saling dorong antara buruh dengan Kepolisian dan petugas keamanan setempat.

Sementara, melalui pengumuman dari PT Jasa Marga (Persero) Tbk mengungkapkan akses jalan keluar Tol Cibitung yang mengarah langsung ke MM 2100 ditutup sementara dari pukul 10.30 WIB.  Dan untuk para kendaraan diminta agar bisa mencari alternative jalur lain.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: