Massa Kubu Pro Israel dan Palestina Bentrok di Sulawesi Utara, Berikut Kronologi dan Sederet Faktanya

Massa Kubu Pro Israel dan Palestina Bentrok di Sulawesi Utara, Berikut Kronologi dan Sederet Faktanya

Massa Kubu Pro Israel dan Palestina Bentrok di Sulawesi Utara--X @jthr22

BITUNG, LINGGAUPOS.CO.ID – Viral di media sosial video rekaman bentrok antara dua kelompok massa pro Israel dan Palestina yang terjadi di Kota BITUNG, Sulawesi Selatan.

Diambil dari berbagai sumber dan unggahan dari akun Facebook SULUT VIRAL, yang dikutip pada Senin, 27 November 2023.

Terlihat keributan antara dua kelompok massa pro Israel dan Palestina yang terjadi Sabtu, 25 November 2023 di Sulawesi Selatan.

“Kota Bitung Sulawesi Utara Memanas, Dua Kubu Massa Pro Israel dan Palestina bertemu dan bentrok di Jalan, Sabtu 25 November 2023,” tulis akun X @jthr22.

BACA JUGA:Pria yang Hina Nabi Muhammad SAW dan Umat Islam Indonesia Palestina Diamankan, Videonya Viral

Video yang diunggah akun tersebut memperlihatkan sejumlah massa berlarian di tengah suasana panas. Kejadian tersebut turut diabadikan oleh sejumlah warga yang tinggal di wilayah tersebut.

Polisi membenarkan kejadian tersebut. Pihak dari Kepolisian Resort Bitung mengatakan bahwa bentrok ini disebabkan karena kesalahpahaman antara dua kelompok.

Kapolres Bitung AKBP TommyBambang Souissa menjelaskan bentrok ini bermula saat salah satu ormas sedang merayakan HUT ke-12 di wilayah GOR Dua Saudara, Bitung, pada Sabtu 25 November 2023 sore.

“Awalnya ada acara yang digelar salah satu LSM sedang melaksanakan HUT yang ke-12. Mereka itu LSM masyrakat adat yang tengah menggelar acaranya di GOR Dua Saudara,” terang Tommy.

BACA JUGA:Ditanya Soal Donasi Palestina di Muba, Ini Jawaban Rhoma Irama

Acara LSM itu juga sudah mendapati izin secara resmi dari pemerintah dan kepolisian. Mereka memberi izin sebab acara yang digelar merupakan kegiatan kebudayaan.

“Kegiatan mereka sudah mendapatkan izin resmi baik dari Kesbangpol baik dari kepolisian untuk kegiatan itu, karena untuk kebudayaan,” ujarnya.

Tommy juga menjelaskan saat acara ormas LSM digelar, massa aksi bela Palestina ini melintas di lokasi yang sama hingga muncullah kesalahpahaman dan bentrok pun tidak bisa terhindarkan.

“Dari hasil penyelidikan sementara mereka bentrok karena ada salah paham antara kedua ormas ini. Karena ketika massa bela Palestina melintas tiba-tiba ada salah paham dan bentrok,” sambungnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: