Cara Cek Bansos Penerima dan Pencairan BLT EL Nino, Cair November-Desember 2023 Rp400 Ribu

Cara Cek Bansos Penerima dan Pencairan BLT EL Nino, Cair November-Desember 2023 Rp400 Ribu

Cara Cek Bansos Penerima dan Pencairan BLT EL Nino, Cair November-Desember 2023 Rp400 Ribu--Pixabay.com

LINGGAUPOS.CO.ID - Cara cek bansos dan pencairan BLT (Bantuan Langsung Tunai) El Nino, yang akan cair pada November dan Desember 2023, sebesar Rp400 ribu.

Sesuai dengan pengumuman yang dikeluarkan oleh Kementerian Keuangan terkait penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT) El Nino untuk 18,8 juta Keluarga Penerima Manfaat (KPM). 

Sementara itu dana atau total anggaran yang dibutuhkan untuk penyaluran bantuan langsung tunai ini mencapai Rp7,52 triliun.

Program BLT El Nino merupakan upaya pemerintah untuk mendukung keluarga yang terdampak El Nino. El Nino sendiri yakni fenomena alam yang memicu terjadinya kekeringan.

BACA JUGA:Sulit Membedakan Mana yang Nyata dan Tidak Nyata, Awas Gangguan Jiwa yang Disebut Skizofrenia

Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakan jika penyaluran efisiensi dengan satu kali transfer sejumlah Rp400 ribu untuk dua bulan (November- Desember 2023).

Sehingga BLT El Nino setiap bulannya Rp200 ribu, selanjutnya pencairan akan dilakukan oleh Kementerian Sosial (Kemensos) dengan tujuan memberikan bantuan secepatnya kepala KPM.

“Prosesnya bisa diakselerasi bulan November- Desember, kita transfer satu kali sehingga langsung untuk dua bulan sekaligus Rp400 ribu bagi 18,8 juta KPM, yang menjalankan adalah Kementerian Sosial” Kata Sri Mulyani.

Cara Cek Penerima BLT EL Nino melalui website kemensos

BACA JUGA:29 Film Rhoma Irama Sepanjang Masa, dari Kisah Percintaan Hingga Film Laga

Untuk memastikan apakah anda termasuk sebagai penerima manfaat, berikut adalah langkah-langkah mudah untuk mengecek status BLT El Nino 2023;

1. Mengunjungi sistus resmi kemensos 

Adapun langkah pertama yang perlu anda lakukan adalah mengunjungi situs resmi untuk cek bansos Kemensos, anda dapat mengaksesnya melalui laman https://cekbansos.kemensos.go.id/

2. Memasukkan data wilayah penerima manfaat

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: