Genap Seminggu, Kebakaran Lahan di Musi Rawas Belum Juga Padam

Genap Seminggu, Kebakaran Lahan di Musi Rawas Belum Juga Padam

Sudah seminggu kebakaran lahan di Musi Rawas--

MUSI RAWAS, LINGGAUPOS.CO.IDKebakaran lahan gambut di Kecamatan Megang Sakti Kabupaten MUSI RAWAS, belum juga padam. 

Hari ini Rabu 18 Oktober 2023, genap seminggu sudah kebakaran lahan yang menghanguskan ratusan hektar kebun sawit dan karet milik warga tersebut.

Kebakaran lahan ini, seperti diketahui berawal Kamis 12 Oktober 2023, dengan diawali kebakaran kebun sawit di Desa Lubuk Tua Kecamatan Muara Kelingi Kabupaten Musi Rawas.

Karena kondisi kering dan sulitnya proses pemadaman, akhirnya api terus merambat, hingga ke Desa Pagar Ayu Kecamatan Megang Sakti.

BACA JUGA:Kebakaran Lahan di Pagar Ayu Musi Rawas Mendekati Pemukiman, Sudah Ratusan Hektar Kebun Sawit Hangus

Kapolres Musi Rawas AKBP Danu Agus Purnomo SIK, MH melalui Kapolsek Megang Sakti, Iptu Fauzan Aziman menjelaskan pemadaman terus dilakukan.

Petugas gabungan dari Polsek Megang Sakti, BPBD Musi Rawas, Relawan Kathutla Polsek Megang Sakti, Damkar PT Djuanda Sawit Restari Sei Tawas dan masyarakat terus berupaya memadamkan api.

Kapolsek juga menjelaskan, pihaknya sudah mendapatkan tambahan bantuan tenaga dari Damkar Musi Rawas dan Laskar Merah Putih untuk memadamkan api.

“Kami terus berusaha berjibaku dua puluh empat jam memadamkan api dengan berganti personil atau tenaga pemadam," kata Kapolsek.

BACA JUGA:Mobil PNS Dinas Pariwisata Musi Rawas Terbakar, ini 4 Tips Agar Mobil Tidak Terbakar

Kapolsek menjelaskan, kebakaran tersebut terjadi hampir satu minggu ini lantaran kondisi lahan yang terbakar jenis lahan gambut, tentunya sulit untuk dipadamkan.

Ia juga menambahkan, bahwa lahan gambut tersebut merupakan terletak di tapal batas wilayah antara Kecamatan Muara Kelingi dan Kecamatan Megang Sakti.

"Namun, walaupun demikian, kami terus berupaya untuk memadamkan api," tegas Kapolsek.

Kapolsek berharap, kiranya kepada seluruh masyarakat dan unsur terkait untuk bersama-sama berjibaku dalam menanggulangi karhutla ini, dan akan lebih baik kita menanamkan sifat peduli terhadap karhutla.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: