Harus Waspada! Ini Deretan Penyakit Akibat Kerja Yang Bisa Berujung Petaka

Harus Waspada! Ini Deretan Penyakit Akibat Kerja Yang Bisa Berujung Petaka

Harus Waspada! Ini Deretan Penyakit Akibat Kerja Yang Bisa Berujung Petaka--Pixabay.com

LINGGAUPOS.CO.ID - Waspada, deretan penyakit akibat kerja (PAK) yang harus diketahui oleh pekerja, simak informasi selengkapnya berikut ini.

Penyakit akibat kerja (PAK) merupakan suatu kondisi kesehatan yang disebabkan oleh faktor-faktor yang terikat dengan lingkungan kerja seseorang.

PAK bisa timbul akibat paparan terhadap bahan kimia berbahaya, kelelahan fisik, stress kerja yang berkepanjangan, serta faktor-faktor ergonomi yang tidak sesuai.

Oleh karena itu, dalam lingkungan kerja yang tidak aman atau tidak sehat, pekerja dapat terpapar berbagai risiko kesehatan.

BACA JUGA:Hari Terakhir Pendaftaran CPNS, Berikut ini Cara mengecek Hasil Pengumumannya

termasuk gangguan pernapasan, penyakit kulit, gangguan muskuloskeletal, masalah psikologis hingga banyak lagi.

Penting untuk mengenali dan mengelola risiko PAK dengan tepat untuk menciptakan lingkungan kerja yang sehat, aman, dan berkelanjutan bagi semua pekerja. 

Berikut ini sederet penyakit yang dapat terjadi akibat kerja, LINGGAUPOS.CO.ID telah merangkumnya mengutip dari moxa.id sebagai berikut. 

1. Sakit Punggung

BACA JUGA:Sejarah Berdirinya Organisasi Mapala di Indonesia, Apakah Mahasiswa Paling Lama?

Sakit punggung akibat kerja merupakan kondisi umum dari gangguan muskuloskeletal yang dapat timbul akibat kondisi kerja yang tidak ergonomis. 

Bagi pekerja yang melakukan aktivitas fisik berat, terlalu lama duduk dalam posisi yang tidak nyaman, atau pekerja yang mengangkat beban secara tidak benar rentan mengalami sakit punggung. 

2. Penyakit terkait Stres

Stres kerja yang berkepanjangan dapat menyebabkan penyakit yang terkait stres. Kondisi seperti kecemasan, gangguan mood, kepenatan kronis, gangguan tidur, sindrom burnout.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: moxa.id