Optimalkan Kemuliaan di Hari Jumat, Simak 5 Amalan dari Nabi Muhammad SAW

Optimalkan Kemuliaan di Hari Jumat, Simak 5 Amalan dari Nabi Muhammad SAW

Ustadz Adi Hidayat.-Chanel YouTube Adi Hidayat Official.-

BACA JUGA:Muslim Wajib Tahu! Ini 4 Keutamaan Bulan Muharram Menurut Sunnah Rasulullah dan 10 Amalan yang Dianjurkan

"Bisa kita bacakan dan tidak lupa memohon kepada Allah, meperbanyak doa setelah membacanya," terang Ustadz Adi Hidayat.

2. Memperbanyak membaca sholawat Kepada Rasulullah SAW

"diharapkan dengan sholawat tidak hanya menambahkan 10 kemualian tapi mendekatkan diri kita dengan Allah SWT, mendekatkan dengan Rasululah SAW,"sambungnya.

Kedekatan dengan Allah SWT dan Rasulullah SAW lah yang akan memberikan jaminan kebahagiaan abadi baik di dunia maupun akhirat.

BACA JUGA:Kapan 1 Muharram 2023? Ini Amalan Malam Tahun Baru Islam

3. Bersiap menunaikan sholat Jumat

Sebelum kita berangkat Sholat Jumat disunnahkan untuk bersuci terlebih dahulu Mandi,kenakan wewangian melangkah yang baik, masuk masjid dengan sopan dan sunnah-sunnah yang lain.

"Barangsiapa membasuh pakaian dan kepalanya, mandi, bergegas Jumatan, menemui awal khutbah, berjalan dan tidak menaiki kendaraan, dekat dengan Imam, mendengarkan khutbah dan tidak bermain-main, maka setiap langkahnya mendapat pahala berpuasa dan shalat selama satu tahun. (HR. Al-Tirmidzi dan al-Hakim).

4. Menyempatkan doa di waktu yang sekejap di Hari Jumat

BACA JUGA:Wajib Tahu! Ini 5 Amalan Sunnah Sebelum dan Selepas Salat Idul Adha

"Ada sesuatu yang mulia di hari Jumat ada sekejap waktu yang sangat singkat dan dihadiahkan Allah kepada kita untuk berdoa, siapa yang mampu memanfaatkan waktu yang sekejap itu untuk berdoa maka terjawablah doa,"jelas Ustadz Adi Hidayat.

Ada ragam pendapat dari beberapa ulama mengenai waktu yang sekejap ini ada yang mengatakan diantara dua khutbah, ada yang mengatakan bada ashar menjelang maghrib.

5. Memperbanyak sedekah

Untuk meraih keberkahan di hari Jumat dianjurkan untuk memperbanyak sedekah bisa berupa uang benda, memberi makanan, pakaian atau apapun yang bermanfaat.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: