4 Fakta Jembatan Ampera Palembang Tidak Lagi Diangkat, Nomor 3 Pastinya Bikin Polisi Sibuk

4 Fakta Jembatan Ampera Palembang Tidak Lagi Diangkat, Nomor 3 Pastinya Bikin Polisi Sibuk

Jembatan Ampera jaman dahulu --

BACA JUGA:Serial Moving Hebohkan Dunia, Habiskan Dana Miliaran, Serial Disney Drama Korea Bertabur Bintang

Karena kemungkinan besar arus lalulintas akan mengalami kemacetan yang cukup panjang. 

4. Jika diestimasikan membutuhkan waktu lebih kurang 1 jam kapal melintasi Jembatan Ampera yang diangkat. 

Bagaimana dengan desain Jembatan Ampera?

Dikutip dari beberapa sumber, Jembatan Ampera terdiri dari 7 bentang untuk bentang utama. Pondasi yang digunakan adalah H-Shap steel pile (300.305.15.8).

BACA JUGA:Jangan Remehkan Kesehatan Mental Anda, Ibu Rumah Tangga Harus Baca ini, Pentingnya menjaga Kesehatan Mental!

Selain itu, Jembatan Ampera pada sisi Seberang Ilir, berukuran 27 m +30 m + 27 m. Sedangkan sisi Seberang Ulu, berukuran 27 m + (6 x 30 m) + 27 m.

Kemudian Jembatan Ampera memiliki panjang bentang utama sepanjang 354 m dengan lebar jembatan 22 m (4 x 3,5 m lajur kendaraan; 2 x 4 m side walk).

Bentang A1-P1 dan bentang A2-P6 merupakan bentang ujung dengan panjang bentang 22,5 m berupa dua tumpuan sederhana (simple plate girder) dengan RC box-type pada abutment dan RC pier pada P2 dan P6.

Bentang P1-P2,  bentang P2-P3,  bentang  P4-P5, dan bentang P5-P6 merupakan bentang antara dengan panjang 58,5 m berupa bentang menerus (continuous plate girder) dengan RC rigid frame pada pilar P2 – P5.

BACA JUGA:Hari ini Harga Beras di Seluruh Indonesia Terus Mengalami Kenaikan, Berikut Daftar Harganya

Bentang P3-P4 merupakan bentang tengah panjang 75 m dengan struktur dua tumpuan sederhana (simple plate girder).

Selanjutnya mutu pelat beton yang akan digunakan pada model adalah 20 MPa, sedangkan mutu baja menggunakan SM400, dengan kuat leleh baja fy= 235 MPa dan kuat tariknya adalah fu= 400 MPa.

Hasil perhitungan rating factor, diketahui bahwa rating factor lebih besar dari satu (RF >1) sehingga struktur jembatan memiliki sisa kapasitas dalam menahan beban rencana, kecuali untuk rating factor ment girder tepi Bentang P3-P4 (RF = 0.8).

Demikian ulasan kenapa Jembatan Ampera tidak lagi diangkat dan desain pembangunannya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: