BPJS Keliling Pastikan Status Kepesertaan Lansia di Desa Surulangun

BPJS Keliling Pastikan Status Kepesertaan Lansia di Desa Surulangun

BPJS Keliling hadir lebih dekat dengan menyapa masyarakat di Desa Surulangun, Kecamatan Rawas Ulu, Kabupaten Musi Rawas Utara, Provinsi Sumatera Selatan, Kamis 31 Agustus 2023.-foto: humas BPJS Kesehatan Lubuklinggau. -

MURATARA, LINGGAUPOS.CO.ID - Mobile Customer Service (MCS) atau yang sekarang lebih dikenal dengan nama BPJS Keliling hadir lebih dekat dengan menyapa masyarakat di Desa Surulangun, Kecamatan Rawas Ulu, Kabupaten Musi Rawas Utara, Provinsi Sumatera Selatan. 

BPJS Keliling ini hadir bersamaan dengan acara Launching Program SIASAT (Lansia Sehat Desa Kuat), Kamis 31 Agustus 2023.

Kehadiran BPJS Keliling ini untuk memudahkan masyarakat dalam pengurusan administrasi melalui sistem jemput bola. 

Pengurusan administrasi tersebut berupa pengecekan status kepesertaan, baik sudah terdaftar atau belum maupun aktif atau non aktif jika telah menjadi peserta, pergantian Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP), perubahan data, pemberian informasi maupun penanganan keluhan.

BACA JUGA:Pastikan Layanan Secara Adil dan Merata, BPJS Kesehatan Tinjau Desa Terpencil

“Pelayanan BPJS Keliling sekarang ini kami titik beratkan ke daerah-daerah yang jauh jaraknya dari kantor BPJS Kesehatan. Tujuannya, agar masyarakat memanfaatkan momen jemput bola ini dengan kemudahan pengurusan administrasi,"terang Yunita Ibnu selaku Kepala BPJS Kesehatan Cabang Lubuklinggau.

Kemudian, pentingnya memastikan kepesertaan kita aktif sebelum berobat agar tidak menemui hambatan ketika hendak mengakses layanan di fasilitas kesehatan. 

Dalam kesempatan yang sama pula, turut hadir Bupati Musi Rawas Utara, Devi Suhartoni dan Kepala Dinas Kesehatan Musi Rawas Utara untuk meluncurkan inovasi SIASAT. 

Program baru hasil dari inovasi Dinas Kesehatan Musi Rawas Utara ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas hidup lansia.

BACA JUGA:Tidak Perlu Beli, Alat Kontrasepsi Ditanggung BPJS Kesehatan, Yuk Cek ke Faskes Terdekat

“Bapak/Ibu segeralah dicek apakah sudah terdaftar seluruh anggota keluarganya menjadi peserta Jaminan Kesehatan nasional (JKN), jika belum terdaftar, nanti akan dicatat dan didaftarkan oleh Dinas Kesehatan. Manfaatkanlah BPJS Keliling yang telah hadir di Desa Surulangun pada hari ini,” ajak Devi kepada para lansia yang hadir.

Lebih lanjut lagi Devi menjelaskan dalam sosialisasinya bahwa Pemerintah Kabupaten Musi Rawas Utara  sejak tahun lalu telah mencapai Universal Health Coverage (UHC), sebanyak 118.000 jiwa warga Musi Rawas Utara yang telah dibayarkan iurannya oleh pemerintah.

“Dengan adanya UHC, harusnya mayoritas warga telah terdaftar di Program JKN, namun banyak warga yang masih belum tahu bahwa dirinya telah terdaftar. Oleh karena itu, segeralah pastikan kepesertaan kita dengan kehadiran BPJS Keliling, “tegas Devi.

Berangkat dari ajakan Bupati Musi Rawas Utara tersebut, warga  lansia yang sangat antusias dengan kehadiran BPJS Keliling, terlihat dari banyaknya jumlah pengunjung yang mengantri untuk melakukan pengecekan status kepesertaannya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: