Gunung Dempo Sudah 2 Kali Erupsi Serta 8 Kali Gempa, Statusnya Waspada, Warga Diminta Jangan Terpengaruh Hoax

Gunung Dempo Sudah 2 Kali Erupsi Serta 8 Kali Gempa, Statusnya Waspada, Warga Diminta Jangan Terpengaruh Hoax

Gunung Dempo Erupsi--

PAGARALAM, LINGGAUPOS.CO.IDGunung Dempo di Kota PAGARALAM mengalami erupsi dan gempa. Statusnya pun saat ini waspada.

Pihak Pos Pemantau Gunung Api Dempo Pagaralam himbauan kepada masyarakat, khususnya warga Pagaralam, agar tidak mudah terpengaruh oleh berita-berita yang belum jelas kebenarannya atau hoax.

Namun, masyarakat diminta tetap waspada dan mengikuti arah dari pihak dianggapnya adalah langkah yang bijaksana dalam menghadapi situasi seperti ini.

Seperti diketahui, Gunung Api Dempo mengalami erupsi atau letusan di puncaknya, pada Selasa 25 Juli 2023 Sekira pukul 21.15 WIB.

BACA JUGA:Misteri dan Mitos Gunung Dempo Pagar Alam Sumatera Selatan yang Wajib Kamu Ketahui

Kejadian Erupsi kedua kalinya dalam Bulan Juli 2023 ini.

Meskipun demikian, kondisi saat ini masih dikatakan normal karena status Gunung Api Dempo sejak tahun lalu tetap berada di Level 2 atau Waspada.

Kepala Pos Pemantau Gunung Api Dempo Pagaralam, Megian Nugraha, menjelaskan kondisi ini hampir sama dengan Gunung Api Kerinci di Jambi yang juga berstatus Level 2 dan sudah bertahun-tahun dalam status tersebut.

Namun, Gunung Api Dempo baru mencapai status Waspada ini dalam 1,5 tahun terakhir.

BACA JUGA:Waspada, Gunung Api Dempo Erupsi, Warga Diminta Tidak Beraktivitas dalam Radius 1 Kilometer

Data dari Pos Pemantau Gunung Api Dempo Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Kota Pagaralam menunjukkan bahwa dalam satu bulan terakhir sudah terjadi dua kali letusan atau erupsi.

Selain itu, dalam bulan Juli ini saja, sudah terjadi sebanyak 8 kali gempa vulkanik di gunung tersebut.

Informasi mengenai kondisi ini sudah dilaporkan ke PVMBG Pusat yang berlokasi di Bandung, dan akan dievaluasi oleh pusat untuk menentukan apakah statusnya akan dinaikkan atau tetap berada di Level 2.

Sementara itu, pihak yang dikalahkan telah menghimbau kepada para pendaki yang berencana naik ke Gunung Dempo untuk menjauhi Kawah Merapi Dempo yang berjarak sekitar 1 KM dari Bibir Kawah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: