Waspada, Gunung Api Dempo Erupsi, Warga Diminta Tidak Beraktivitas dalam Radius 1 Kilometer

Waspada, Gunung Api Dempo Erupsi, Warga Diminta Tidak Beraktivitas dalam Radius 1 Kilometer

Waspada, Gunung Dempo erupsi----

PAGAR ALAM, LINGGAUPOS.CO.ID - Gunung Api Dempo yang terletak di Kota Pagar Alam, Sumatera Selatan kembali mengalami erupsi atau letusan di puncaknya, Selasa 25 Juli 2023 Sekira pukul 21.15 WIB malam tadi.

Kejadian Erupsi kedua kalinya dalam Bulan Juli 2023 ini. Meskipun demikian, kondisi saat ini masih dikatakan normal karena status Gunung Api Dempo sejak tahun lalu tetap berada di Level 2 atau Waspada.

Kepala Pos Pemantau Gunung Api Dempo Pagaralam, Megian Nugraha, menjelaskan kondisi ini hampir sama dengan Gunung Api Kerinci di Jambi yang juga berstatus Level 2 dan sudah bertahun-tahun dalam status tersebut.

Namun, Gunung Api Dempo baru mencapai status Waspada ini dalam 1,5 tahun terakhir.

BACA JUGA:Petugas Terapi RS AR Bunda Tolak Pasien BPJS Kesehatan, Harus Pakai Umum, Berikut Kronologisnya

Data dari Pos Pemantau Gunung Api Dempo Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Kota Pagaralam menunjukkan bahwa dalam satu bulan terakhir sudah terjadi dua kali letusan atau erupsi.

Selain itu, dalam bulan Juli ini saja, sudah terjadi sebanyak 8 kali gempa vulkanik di gunung tersebut.

Informasi mengenai kondisi ini sudah dilaporkan ke PVMBG Pusat yang berlokasi di Bandung, dan akan dievaluasi oleh pusat untuk menentukan apakah statusnya akan dinaikkan atau tetap berada di Level 2.

Sementara itu, pihak yang dikalahkan telah menghimbau kepada para pendaki yang berencana naik ke Gunung Dempo untuk menjauhi Kawah Merapi Dempo yang berjarak sekitar 1 KM dari Bibir Kawah.

BACA JUGA:Bejat! Istri Jadi TKI ke Malaysia, Suami Gauli Anak Tiri Berstatus Janda Muda

Hal ini karena dengan status Level 2, mendekati kawah Merapi Dempo dapat menjadi sangat berbahaya jika terjadi letusan atau erupsi dadakan.

Megian menyatakan bahwa syukur alhamdulillah, kawah merapi di Gunung Api Dempo cukup dalam, sehingga jika berada di puncak merapi atau puncak dempo serta pelataran Dempo masih berada di zona aman.

Dalam beberapa bulan terakhir, beberapa gunung api di Indonesia, termasuk Gunung Marapi di Sumatera Barat, Gunung Anak Krakatau, Gunung Ijen, dan Gunung Kerinci, telah mengalami erupsi serta peningkatan aktivitas vulkanik.

Namun, Gunung Dempo masih tetap berada di Level 2 atau status waspada.

BACA JUGA:Habitat Ikan Semah yang Harga Per Ekornya Rp6 Juta, Berada di Perbatasan 2 Negara, Punya Nama Lain Wang Puliau

Megian juga menjelaskan bahwa Gunung Dempo tidak memiliki keterkaitan atau dampak dengan terjadinya erupsi di gunung-gunung lain yang berdekatan atau berada di Pulau Sumatera, seperti Gunung Marapi di Sumatera Barat dan Gunung Kerinci di Jambi. Untuk saat ini, Gunung Dempo tetap dalam kondisi aman.

Megian menambahkan bahwa terjadinya erupsi atau peningkatan aktivitas vulkanik di beberapa gunung adalah hal yang wajar, terutama bagi gunung yang memiliki status di atas Level 1.

Oleh karena itu, pihak yang terlibat terus memantau aktivitas Gunung Dempo selama 24 jam.

Dalam menghadapi situasi ini, pihak yang menyampaikan himbauan kepada masyarakat, khususnya warga Pagar Alam, agar tidak mudah terpengaruh oleh berita-berita yang belum jelas kebenarannya.

BACA JUGA:Buat Bangga, Siswi MAN 1 Lubuklinggau Ikuti Jambore Pramuka Dunia 2023

Tetap waspada dan mengikuti arah dari pihak dianggapnya adalah langkah yang bijaksana dalam menghadapi situasi seperti ini.(*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: pagaralampos.disway.id