Danau Aur di Musi Rawas Terima Dana Rp15,3 Miliar, Bakal Dibangun Fasilitas Baru

Danau Aur di Musi Rawas Terima Dana Rp15,3 Miliar, Bakal Dibangun Fasilitas Baru

Orientasi Keanggotaan Keorganisasian (OKK) Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Musi Rawas (Mura) Angkatan ke III dihadiri Wakil Bupati Musi Rawas, Hj Suwarti di Ballroom Hotel Dewinda Lubuklinggau, Selasa 25 Juli 2023--

MUSI RAWAS, LINGGAUPOS.CO.ID – Untuk mempercantik Danau Aur di Kecamatan Sumberharta, Kabupaten MUSI RAWAS menerima kucuran dana Rp15,3 miliar dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenkraf).

Informasi adanya bantuan dana ini, seperti disampaikan Plt Kepala Dinas Pariwisata Musi Rawas, Rehal Ikmal, Selasa 25 Juli 2023, dalam orientasi Keanggotaan Keorganisasian (OKK) PWI Musi Rawas.

Namun, diakuinya dalam pengembangan daerah destinasi wisata Danau Aur, secara inventaris Danau Air adalah milik Balai Besar Provinsi Sumatera Selatan. Namun pengelolaan wisata oleh Dinas Pariwisata Musi Rawas.

Dinas Pariwisata Musi Rawas mendapatkan izin untuk menambahkan fasilitas baru, yakni di bibir danau mulai dari parkir, mall pengunjung, menara pandang, mushola, toilet, lampu taman, penataan taman. 

BACA JUGA:Disbudpar Musi Rawas Dapat Rp15,3 Miliar, Tapi Danau Aur Dibongkar

Dana yang dikucurkan tersebut, dikatakannya untuk kegiatan fisik dan non fisik. Paling lambat 15 Desember 2023 kegiatan fisik sudah selesai, dan pada 2024 sudah bisa dimanfaatkan pengunjung.

Lanjutnya, pada wajah baru Danau Aur nantinya target PAD sehingga masyarakat akan ramai berkunjung kesini. 

"Kami mencoba mendongkrak, bagaimana cara kita bekerja dengan baik dengan mengandalkan PAD," katanya. 

"Untuk target PAD tentu ada dengan Perda, dan tidak diakomodir pusat maka kita usulkan untuk membangun gerbang pintu masuk dengan Barcode," jelasnya. 

BACA JUGA:Pengurus NPCI Lubuklinggau Dilantik, Berikut Susunan Kepengurusannya

Selanjutnya, akan tersambung ke sistem penerimaan itu ide kami sekarang untuk pintu masuk, sudah otomatis terekam di BPKAD dan BPPRD. 

Sedangkan untuk keamanan lalu lintas kita koordinasi dengan Polres Musi Rawas yakni Satlantas. 

"Mudah-mudahan 2024 sudah bisa digunakan dan target PAD ada peningkatan dan sambil berbenah," harapnya. 

Sementara itu, OKK PWI Musi Rawas angkatan ke III dihadiri langsung Ketua PWI Sumatera Selatan, Firdaus Komar, Wakil Ketua PWI Sumsel, Syamsul Anwar di Ballroom Hotel Dewinda Lubuklinggau. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: