Kemenag Lubuklinggau Gelar Lomba KSM 2023 Tingkat Kota Lubuklinggau, 148 Pelajar Madrasah Ikuti Kompetisi

Kemenag Lubuklinggau Gelar Lomba KSM 2023 Tingkat Kota Lubuklinggau, 148 Pelajar Madrasah Ikuti Kompetisi

--

LUBUKLINGGAU, LINGGAUPOS.CO.ID - Kementerian Agama (Kemenag) Kota Lubuklinggau menggelar Lomba Kompetisi Sains Madrasah (KSM) tahun 2023 Tingkat Kota Lubuklinggau di MAN 2 Lubuklinggau, Sabtu 8 Juli 2023.

Kegiatan KSM ini dibuka langsung Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Lubuklinggau H Abdul Harris Putra, S. Ag, M.Pd.I diwakili Kasubbag TU, H Muhammad Rais, M.Pd.I.

Pembukaan KSM Tingkat Kota Lubuklinggau ditandai dengan pelepasan balon ke udara oleh H Muhammad Rais didampingi Kasi Penmad, Drs H Habibullah, M.Ag serta beberapa pejabat di lingkungan Kemenag Kota Lubuklinggau termasuk Kepala Madrasah Negeri maupun swasta.

Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Lubuklinggau H Abdul Harris Putra, S. Ag, M.Pd.I diwakili Kasubag TU, Muhammad Rais menjelaskan kegiatan KSM 2023 ini kegiatan nasional mulai dari Tingkat Kabupaten/Kota dilanjutkan ketingkat provinsi dan pemenangnya akan mewakili Provinsi Sumsel ke tingkat Nasional.

BACA JUGA:Kemenag Buka Pendaftaran Beasiswa Santri Berprestasi, Kuota 1000, Dibuka 13 Juli 2023

“Karena ini kegiatan nasional maka tentu kita sebagai entitas dari Kemenag dalam hal ini Kemenag Kota Lubuklinghau mesti wajib mengadakan kegiatan seperti ini,"katanya.

Menurutnya, tujuan KSM ini untuk memperteguh akhlak mulia, kreatif, akhlak mulia, inovatif, berwawasan kebangsaan, cerdas, sehat, disiplin serta menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi, dan selalu memotivasi kepada siswa-siswi madrasah untuk meningkatkan kemampuan intelektual, emosional dan spritual berdasarkan nilai-nilai agama.

"Kami berharap dengan diadakan lomba KSM ini, berkembangnya bakat dan minat siswa-siswi di bidang Sains sehingga dapat berkreasi dan mencintai sains," ungkapnya.

Kemudian, peserta lomba diharapkan mampu untuk terus mengawal cikal bakal integrasi ke ilmuan itu sendiri, karena kita tahu di dalam Islam itu tidak ada perbedaan antara ilmu umum dan ilmu agama sebetulnya.

BACA JUGA:Kemenag Lubuklinggau Adakan KSM Tingkat Sumsel 2022

"Dengan KSM ini diharapkan dapat meningkatkan gairah siswa madrasah dalam mengasah kemampuan berkembangnya budaya kompetitif yang sehat dikalangan siswa-siswi madrasah itu sendiri, mudah-mudahan dengan kegiatan ini dapat terjaringnya bibit unggul dan berprestasi,"harapnya.

“Sebagai calon peserta ajang KSM  tingkat internasional nantinya, dan dihasilkannya siswa siswi terbaik di setiap bidang dan menjadi sumberdaya manusia yang mencintai bidang keilmuanya,” jelasnya.

Ketua Panitia Pelaksana Lomba KSM 2023  Tingkat Kota Lubuklinggau, Habibullah Angkasa mengatakan,"Untuk kegiatan ini dilaksanakan secara serentak berbasis komputer selama 3 hari yakni tanggal 8, 9 dan 10 Juli 2023,"katanya.

Habibullah menjelaskan mata pelajaran dilombakan untuk Tingkat Madrasah Ibtidaiyah (MI) yakni Matematika dan IPA sedangkan Tingkat MTs 3 yang dilombakan yakni Matematika, IPA dan IPS.

BACA JUGA:Kemenang Lubuklinggau Gelar KSM, 141 Pelajar Ikuti Kompetisi

Kemudian, untuk Madrasah Aliyah (MA) yang dilombakan enam bidang studi yakni Matematika, Fisika, Biologi, Geografi, Ekonomi, dan Kimia.

"Dalam KSM Tahun 2023 ini diikuti 148 orang dengan rincian untuk kategori yakni MI diikuti 35 peserta, kategori MTs diikuti 42 peserta  dan kategori MA diikuti 71 peserta," ungkapnya.

Dikatakannya, 148 peserta tersebut bersaing untuk memperebutkan penghargaan berupa trofi dan piagam untuk pemenang lomba KSM dari peringkat 1 sampai 5 pada setiap bidang studi.

"Dan penghargaan berupa piala bergilir, piagam dan mendali kepada madrasah yang menjadi juara umum di setiap studi berdasarkan jenjang madrasah," jelasnya.

BACA JUGA:6 Kepala Kantor Kemenag di Sumsel Diganti, Termasuk Muratara, Berikut Rinciannya

Menurutnya, bagi setiap pemenang lomba bidang studi dari peringkat 1 sampai 5 akan diikut sertakan pada Kompetisi Sains Madrasah tingkat Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel).(*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: