Banjir di Lubuklinggau, Akses Jalan2 Kelurahan Tergenang, Ratusan Rumah Terendam

Banjir di Lubuklinggau, Akses Jalan2 Kelurahan Tergenang, Ratusan Rumah Terendam

Banjir yang menggenangi jalan ke Kelurahan Belalau II dan Taba Baru di Lubuklinggau--

LUBUKLINGGAU, LINGGAUPOS.CO.IDBanjir yang melanda LUBUKLINGGAU, Rabu 5 Juli 2023, terparah di 2 keluaran, yakni Taba Baru dan Belalau II Kecamatan LUBUKLINGGAU Utara I. 

Imbas banjir ini, bukan hanya ratusan rumah terendam, namun akses jalan ke kedua kelurahan itu tergenang, sehingga tidak bisa dilalui. Karena jalan terendam banjir hingga 3 meter.

Diinformasikan di Kelurahan Belalau II, banjir melanda di RT 1 dan RT 2. Ketinggian air mencapai 1 meter, sehingga ada ratusan rumah yang terendam di dua lokasi tersebut.

Sumaryo, warga RT.1 Kelurahan Belalau II menjelaskan air mulai meluap sejak pukul 07.00 WIB. “Kan semalaman hujan sampai pagi. Tapi air meluap sekitar pukul 07.00 WIB,” jelasnya.

BACA JUGA:Rumah Hanyut Hancur Tabrak Jembatan, Beberapa Daerah di Sumatera Selatan Diterjang Banjir

"Hujan itu berlasung hingga pagi. Makanya Sungai Belalui meluap," kata Sumaryo, di lokasi banjir, Rabu 5 Juli 2023. 

Menurutnya sudah sangat lama tidak banjir sebesar. "Pokoknya dak pernah banjir seperti ini," kata Sumaryo. 

Diakui banjir juga terjadi di Kelurahan Taba Baru. Menurutnya di Taba Baru lebih parah lagi. Namun akses menuju lokasi terputus, karena jalan terendam banjir. 

Sementara itu, petugas Dinas Pemadan Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (DPKPB) Lubuklinggau sudah turun ke lokasi dan melakukan pemantauan.

BACA JUGA:Pelatih Kobe Bryant Latih Para Pelajar yang Masuk Skuad Elite KFC DBL Indonesia All-Star 2023

Mereka membawa satu unit perahu karet, melalukan evakuasi terhadap warga yang membutuhkan evakuasi.

"Kami tiba sekira pukul 10.00 WIB. Tadi sempat evakuasi di RT 02 Belalau, ada tiga rumah kita evakuasi," jelas Nizar Khikmah, petugas dari  DPKPB Lubuklinggau.

Ia menambahkan, ada  9 petugas menuju meninjau Kelurahan Taba Baru. Sementara data berapa rumah yang terdampak, sedang didata petugas.

Bajir juga melanda Kelurahan Wirakarya, Kecamatan Lubuklinggau Timur II, Kota Lubuklinggau. Hanya saja banjir tersebut sekali lewat pasca hujan lebat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: