Kapolri Pastikan Jajarannya Siap Amankan Pencoblosan Pemilu 2024 di Luar Negeri

Kapolri Pastikan Jajarannya Siap Amankan Pencoblosan Pemilu 2024 di Luar Negeri

Amankan Pemilu 2024 di Luar Negeri, Polri Terjunkan Divhubinter Untuk Kawal WNI-Divhumas Polri---

JAKARTA, LINGGAUPOS.CO.ID - Jelang Pemilihan Umum (Pemilu) 2024, Polri siap mengawal pemilu bagi Warga Negara Indonesia (WNI) yang berada di luar negeri.

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo berharap anggota Divisi Hubungan Internasional (Divhubinter) yang bertugas di luar negeri, agar dapat berkoordinasi dengan KPU serta memastikan pengamanan seluruh proses demokrasi dapat berjalan baik, aman dan lancar bagi seluruh warga negara Indonesia (WNI) yang berada di luar negeri.

Hal ini diungkapkan Kapolri saat menghadiri kegiatan Rapat Kerja Teknis (Rakernis) Divhubinter Polri di Pusat Misi Internasional Polri Serpong Utara, Tangerang Selatan, Banten, Kamis 1 Juni 2023.

Diketahui, pemungutan dan penghitungan suara Pemilu 2024 akan dilakukan pada 14 Februari 2024. Kemudian, pada 15 Februari-20 Maret 2024 rekapitulasi penghitungan suara.

BACA JUGA:Keren, Ada Air Terjun 9 Tingkat di Karang Jaya Muratara, Cocok untuk Petualang Sejati

BACA JUGA:Ini Dia, Orang yang Menggugat Sistem Proporsional Pemilu ke MK, Ternyata Dosen

KPU sempat menyebutkan beberapa cara pemungutan suara di luar negeri, yakni Tempat Pemungutan Suara Luar Negeri atau TPSLN.

Metode ini adalah pelayanan pemungutan suara bagi pemilih dengan cara mendatangi tempat pemungutan suara pada titik yang telah ditentukan oleh KPU melalui Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN).

Cara yang kedua adalah Kotak Suara Keliling (KSK). Dengan metode KSK, pelayanan pemungutan suara bagi pemilih dengan cara mendatangi tempat-tempat pemilih berkumpul, bekerja dan/atau bertempat tinggal dalam satu kawasan.

Cara terakhir adalah pemungutan suara melalui pos. Ini adalah pelayan pemungutan suara bagi pemilih yang tidak dapat memberikan suara di TPS yang telah ditentukan.(disway.id)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: