Catat! Kemenag Buka Call Center 146 Aduan Layanan Haji, Sertifikasi Halal dan Pencatatan Nikah

Catat! Kemenag Buka Call Center 146 Aduan Layanan Haji, Sertifikasi Halal dan Pencatatan Nikah

Ilustrasi Kabah, Mekah-dok, Kemenag---

JAKARTA, LINGGAUPOS.CO.ID - Kementerian Agama (Kemenag) Republik Indonesia membuka hotline atau saluran komunikasi bagi masyarakat yang mengalami kesulitan dalam proses layanan haji, sertifikat halal dan pencatatan nikah.

Adapun hotline yang telah disiapkan oleh Kemenag call center dengan nomor 146 dan Whatsapp center di nomor 081110683146.

Jadi masyarakat saat ini tidak perlu khawatir bila mengalami kesulitan dalam proses layanan haji, sertifikasi halal, atau pencatatan nikah. 

Pasalnya, Kementerian Agama kini sudah menyiapkan saluran komunikasi dua arah bagi masyarakat.

Staf Khusus Menteri Agama bidang Humas dan Komunikasi Publik Wibowo Prasetyo mengatakan, saluran komunikasi dua arah ini disiapkan untuk memudahkan akses publik.

“Ada tiga saluran komunikasi yang sudah kami rilis sejak Maret 2023. Publik bisa memanfaatkan Call Center di nomor 146," ujar Wibowo Prasetyo dalam keterangannya, Sabtu 27 Mei 2023.

 

“Saluran lainnya berupa Email di alamat [email protected] dan Whatsapp center di nomor 081110683146,” tambahnya.

Ke depan, masyarakat bisa sampaikan pertanyaan, kritik, dan saran melalui saluran yang telah disiapkan.

Wibowo menegaskan, penyediaan saluran komunikasi ini sebagai bagian dari upaya meningkatkan keterbukaan Kementerian Agama.

"Ini juga bagian dari proses transformasi digital yang terus digenjot implementasinya di Kementerian Agama," tegasnya.

Sebelumnya, dalam rangka penyederhaan, Kemenag juga telah lakukan integrasi layanan melalui penyediaan Superapps Pusaka Kemenag.

“Sistem tiga saluran komunikasi ini, baik WA, Email, mapun Call Center sudah jalan. Sementara ini ada untuk informasi seputar layanan pencatatan nikah, haji, dan juga sertifikasi halal,” paparnya.

BACA JUGA:Viral! Video Adegan Dewasa Mirip Dirinya, Rebecca Klopper Bakal Dipanggil Bareskrim

BACA JUGA:Bejat! Modus Janji 'Masuk Surga' Pimpinan Ponpes Cabuli Puluhan Santriwati

“Kita akan terus perkaya menunya agar bisa lebih banyak mengcover kebutuhan masyarakat,” sambungnya.

Wibowo menambahkan, melalui saluran komunikasi ini, Kemenag juga telah menyiapkan live agent untuk menerima semua pertanyaan dan permasalahan layanan Kemenag, termasuk di luar masalah penyelenggaraan ibadah haji, pencatatan nikah, dan sertifikasi halal.

Basis menu layanan yang saat ini digunakan adalah semua informasi yang sudah tersedia pada Aplikasi Superapps Pusaka.

“Kalaupun nanti ada informasi yang belum diketahui oleh agent, kita akan eskalasi ke internal Kemenag. Pengguna nanti akan dikasih nomor laporan, dan akan direspon kembali oleh agent ke pengguna bila sudah ada jawaban dari internal Kemenag,” tukasnya.(disway.id)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: