Per 1 Juni 2023, KAI Divre III Memberlakukan GAPEKA 2023, Perhatikan Jam Keberangkatan

Per 1 Juni 2023, KAI Divre III Memberlakukan GAPEKA 2023, Perhatikan Jam Keberangkatan

Pembelian tiket penumpang Kereta Api--

PALEMBANG, LINGGAUPOS.CO.ID - Mulai tanggal 1 Juni 2013, PT Kereta Api Indonesia (Persero) secara serentak termasuk di Divre III Palembang memberlakukan GAPEKA (Grafik Perjalanan Kereta Api) 2023.

Manager Humas PTKAI Divre III Palembang, Aida Suryanti menjelaskan, Grafik Perjalanan Kereta Api atau GAPEKA adalah pedoman pengaturan pelaksanaan perjalanan kereta api yang digambarkan dalam bentuk garis yang menunjukkan stasiun, waktu, jarak, kecepatan, dan posisi perjalanan kereta api mulai dari berangkat, berhenti, datang, bersilang, dan penyusulan, yang digambarkan secara grafis untuk pengendalian perjalanan kereta api.

“Salah satu manfaat yang dapat dirasakan pelanggan pada Gapeka 2023 adalah efisiensi waktu perjalanan KA sehingga terdapat perubahan jadwal keberangkatan di beberapa stasiun naik turun penumpang, di samping itu ada percepatan waktu tempuh perjalanan KA Jarak Jauh di Divre III Palembang.

Pastikan kembali jadwal perjalanan Anda karena terdapat perubahan jadwal keberangkatan kereta api pada Gapeka 2023. Misalnya KA Bukit Serelo relasi Kertapati - Lubuklinggau, untuk keberangkatan dari stasiun Payakabung  yang semula berangkat  pukul 09.35 WIB, mulai 1 Juni berubah keberangkatannya menjadi pukul 09.30 WIB.

BACA JUGA:Sah, Vaksin Covid-19 Tidak Lagi Jadi Syarat Perjalanan Menggunakan Kereta Api

BACA JUGA:Vaksin Covid-19 Tidak Lagi Jadi Syarat Perjalanan Menggunakan Kereta Api, Cek Faktanya

Berikut perjalanan Kereta Api Jarak Jauh di Divre III Palembang yang mengalami perubahan  percepatan waktu per 1 Juni 2023:

1). KA Bukit Serelo relasi Kertapati - Lubuklinggau, untuk keberangkatan dari stasiun Kertapati tidak berubah, tetap pukul 09.00, namun di stasiun Payakabung, Prabumulih, Muara Enim, Lahat, Tebing Tinggi, Kota Padang ada perubahan jadwal keberangkatan, rata-rata lebih cepat 5 menit. Secara keseluruhan waktu tempuh sebelumnya 7 jam 15 menit, kini menjadi 6 jam 50 menit (lebih cepat 25 menit).

2). KA Bukit Serelo relasi Lubuklinggau - Kertapati, untuk keberangkatan dari stasiun Lubuklinggau tidak berubah, masih pukul 10.15, tetap di stasiun Kota Padang, Tebing Tinggi, Lahat Muara Enim, Prabumulih, ada perubahan jadwal keberangkatan,maju lebih cepat  5 menit dari jadwal sebelumnya,  waktu tempuh sebelumnya 7 jam 17 menit, kini menjadi 6 jam 40 menit, (lebih cepat 37 menit).

3). KA Komersial Sindang Marga relasi Kertapati - Lubuklinggau, untuk keberangkatan dari stasiun Kertapati tidak berubah, tetap pukul 20.15, namun di stasiun  Prabumulih, Muara Enim, Lahat, Tebing Tinggi, ada perubahan jadwal keberangkatan, maju lebih cepat 10 menit dari jadwal sebelumnya, waktu tempuh sebelumnya 6 jam 55 menit, kini menjadi 6 jam 30 menit (lebih cepat 25 menit).

BACA JUGA:Jadwal Baru Keberangkatan Kereta Api, Pengguna Wajib Baca, Berlaku Mulai 1 Juni 2023

BACA JUGA:Viral! SMA 3 Bandung Sewa Kereta untuk Study Tour, KAI: Semua Bisa Sewa, ini Caranya

4).  KA Komersial Sindang Marga relasi Lubuklinggau - Kertapati untuk keberangkatan dari stasiun Lubuklinggau tidak berubah, masih pukul 19.45, namun di stasiun Tebing Tinggi, Lahat Muara Enim, Prabumulih, ada perubahan jadwal keberangkatan, maju lebih cepat 5 menit dari jadwal sebelumnya, waktu tempuh sebelumnya 6 jam 59 menit, kini menjadi 6 jam 30 menit (lebih cepat 29 menit).

5). KA Rajabasa  relasi Kertapati - Tanjungkarang, untuk keberangkatan dari stasiun Kertapati tidak berubah, masih pukul 08.30, namun di stasiun Payakabung dan Prabumulih yang masuk wilayah operasional Divre III Palembang ada perubahan jadwal keberangkatan, rata-rata lebih cepat 5 menit.

Sedangkan untuk syarat perjalanan KAI sejauh ini terus berkomitmen dan masih menerapkan protokol kesehatan dalam menyelenggarakan perjalanan kereta api bagi para pelanggannya.

Adapun terkait syarat vaksinasi, saat ini KAI mengacu pada SE Kementerian Perhubungan No 84 Th 2022 yang merupakan turunan dari SE Satgas Covid-19 No 24 Th 2022. Pada aturan tersebut menyebutkan bahwa pelanggan usia 18 tahun ke atas wajib vaksin ketiga (booster). Apabila nantinya ada perubahan peraturan dari pemerintah, maka KAI akan mendukung dan mematuhi kebijakan tersebut, serta akan segera menyosialisasikan kepada masyarakat.

BACA JUGA:Yuk! Serbu Promo Tiket Eksekutif Rp 30 Ribu untuk Rute 5 Kereta Baru KAI 2023

BACA JUGA:Simak! Per 1 Juni 2023, Waktu Tempuh Kereta Api Jarak Jauh Semakin Cepat

Untuk info selengkapnya terkait jadwal terbaru KA penumpang mulai 1 Juni 2023, masyarakat dapat menghubungi Customer Service KAI di stasiun atau Contact Center KAI melalui telepon di 121, WhatsApp 08111-2111-121, email cs@kai. id, atau media sosial KAI121.

 “KAI akan terus meningkatkan pelayanannya melalui berbagai inovasi seperti percepatan waktu perjalanan KA Jarak Jauh. Kami harap masyarakat tetap menggunakan kereta api sebagai transportasi andalannya,” tutup Aida.(*)

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: