Tol Indralaya-Prabumulih, Perjalanan Palembang Menuju Prabumulih Hanya Waktu 1 Jam

Tol Indralaya-Prabumulih, Perjalanan Palembang Menuju Prabumulih Hanya Waktu 1 Jam

Ruas tol Indralaya-Prabumulih yang memperpendek jarak tempuh perjalanan Palembang-Prabumulih. --dok : sumeks.co--

LINGGAUPOS.CO.ID - Tol Indralaya-Prabumulih bakal digunakan secara fungsional yang akan dibuka pada 15 April 2023 mendatang, dipastikan membuat perjalanan mudik Lebaran Idul Fitri 1444 Hijriah lebih nyaman.

Perjalanan dari Palembang menuju Prabumulih atau sebaliknya hanya memakan waktu 1 jam, jika tol Indralaya-Prabumulih rampung dan dioperasikan.

Tol Indralaya-Prabumulih yang mulai dibangun sejak Juli 2019 juga menyajikan pemandangan yang indah. Pengendara seakan melintas di atas 'Lautan' Tanjung Senai Ogan Ilir.

Direktur Operasi III PT Hutama Karya (Persero) Koentjoro, kepada media melalui dalam pers rilis yang dikeluarkan beberapa waktu lalu menyebutkan perjalanan dari Palembang menuju Prabumulih atau sebaliknya hanya memakan waktu 1 jam, jika lewat tol Indralaya-Prabumulih.

BACA JUGA:Pemudik Wajib Tahu, ini Tarif Tol Trans Sumatera dan Jawa, Bisa Juga Cek di Google Map, Yuk Intip Caranya

Lebih lanjut Koentjoro menjelaskan, tol Indralaya-Prabumulih memiliki jalan utama (main road) sepanjang 65 Km dapat dilintasi dengan kecepatan 100 kilometer per jam.

Perlu diketahui tol Indralaya-Prabumulih melintasi tiga kabupaten dan kota yakni Ogan Ilir, Prabumulih dan Muara Enim, dapat mempersingkat waktu tempuh hingga 50 persen rute sebelumnya.

“Tol ini juga dilengkapi dengan satu gerbang tol (GT), delapan overpass, satu rest area, serta 18 jembatan agar pengguna jalan tol merasa nyaman,” tambah Koentjoro.

Selain itu, manfaat dari tol Indralaya-Prabumulih, diharapkan dapat memudahkan mobilitas kebutuhan logistik, serta mampu meningkatkan perkembangan ekonomi di Sumatera Selatan (Sumsel).

BACA JUGA:Pemutihan Pajak, Tunggakan 2 Tahun atau Lebih, Cukup Bayar Segini

Tol Indralaya-Prabumulih memiliki main road sepanjang 65 Kilometer. Tol Indralaya-Prabumulih ini diklaim akan menjadi salah satu tol terindah di Sumatera.

Betapa tidak, Tol Indralaya-Prabumulih akan melintasi danau buatan yang berada di kawasan Tanjung Senai Indralaya Kabupaten Ogan Ilir. Airnya yang hijau kebiruan sangat mempesona dipandang mata.

Tol Indralaya-Prabumulih ini juga melintasi Sungai Kelekar yang ada di Tanjung Senai Indralaya, Ogan Ilir. Sungai Kelekar ini sangat cantik, terlebih saat musim penghujan tiba.

Dimana, debit air yang tinggi membuat pemandangan di areal ini bak lautan yang terbentang luas. Begitu segarnya, terkadang membuat keinginan untuk "nyebur" begitu menggelora.

BACA JUGA:Penetapan Idul Fitri 1444 H Berpotensi Berbeda, Berikut Penjelasan Kemenag

Jalan Tol Indralaya-Prabumulih yang dikerjakan mulai Juli 2019 lalu ini, juga akan memiliki dua simpang susun. Yakni di kawasan Tol Palembang-Indralaya (Palindra) dan kawasan Prabumulih.

Tol Indralaya-Prabumulih ini juga memiliki keistimewaan tersendiri. Dimana, konstruksi pembangunan Tol Indralaya- Prabumulih adalah at grade dengan flexible pavement sepanjang 58 km. Kemudian sisanya merupakan adalah konstruksi elevated, berupa pile slab dan jembatan.

Penggunaan geofoam diterapkan pada oprit jembatan. Digunakannya geofoam untuk mengganti material timbunan di belakang oprit yang berat.

Rencananya, tol Indralaya-Prabumulih akan menerapkan contraflow atau satu jalur dari STA 48 hingga STA 55.

BACA JUGA:Ini 5 Ide Menu Sahur Ramadan Praktis, Dijamin Lahap

Dikarenakan, pengerjaan untuk jalan sepanjang 7 kilometer tersebut masih belum beres.(sumeks.disway.id)

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: