Ajaib! 3 Makanan Ini Manjur untuk Mengobati Asam Lambung Naik, Cek Yuk!

Ajaib! 3 Makanan Ini Manjur untuk Mengobati Asam Lambung Naik, Cek Yuk!

Asam lambung.-instagram.com-

LINGGAUPOS.CO.ID — Ketika merasa ada cairan yang naik dari perut ke kerongkongan beserta nyeri dada seolah-olah terbakar (heartburn), Yang bisa memburuk setelah makan atau saat berbaring, waspadalah.

Mungkin itu gejala asam lambung atau gastroesophageal reflux disease (GERD) yang naik. Gejala ini dapat disertai dengan keluhan gangguan pencernaan lainnya, seperti sering bersendawa, mual dan muntah, maag dan sesak napas, serta mulut terasa asam. 

Gangguan pencernaan ini tergolong ringan dan tidak mengancam jiwa. Tapi dalam jangka waktu lama bisa mengakibatkan masalah kesehatan yang lebih serius. Ketahui lebih lanjut ciri asam lambung naik agar bisa mengatasinya sebelum penyakit ini berkembang lebih lanjut.

Gejala penyakit asam lambung muncul minimal dua kali dalam seminggu. Asam lambung naik atau penyakit asam lambung bisa dialami oleh orang dewasa atau anak-anak.

BACA JUGA:Wajib Dicoba, Ini 8 Cara Obati Asam Urat Secara Alami

Gejala penyakit pada lambung ini sering diduga sebagai serangan jantung atau penyakit jantung koroner, karena gejalanya yang hampir mirip dengan nyeri dada.

Meski tidak mematikan seperti serangan jantung, penyakit asam lambung atau GERD perlu ditangani agar tidak menimbulkan komplikasi.

Penyakit asam lambung terjadi ketika otot kerongkongan bagian bawah (otot LES) melemah. Otot ini seharusnya berkontraksi dan menutup saluran ke kerongkongan setelah makanan turun ke lambung. 

Bila otot ini lemah, kerongkongan akan tetap terbuka dan asam lambung akan naik kembali ke kerongkongan. Kondisi ini berisiko terjadi pada orang lanjut usia (lansia), penderita obesitas, dan ibu hamil.

BACA JUGA:Muhammadiyah Umumkan Awal Puasa Ramadan 1444 H Jatuh Pada 23 Maret 2023

Asam lambung saat kambuh bisa sangat megganggu aktivitas penderitanya. Sebenarnya kamu bisa memanfaatkan bahan-bahan alami untuk megatasi masalah ini Moms. Bahkan, bahan-bahan ini bisa kamu temukan dengan mudah karena tersedia di dapur.

Apa saja? Berikut ini beberapa bahan alami untuk mengatasi asam lambung saat naik, seperti dilansir dari Hello Sehat, Selasa 31 Januari 2023. 

1. Jintan

Jintan ternyata tidak hanya menambah aroma dan rasa hidangan, tapi juga berpotensi menjadi obat alami untuk penyakit asam lambung. Ada banyak cara untuk memperoleh khasiat jintan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: