Jambu Biji Si Buah 'Super' yang Bisa Turunkan kolesterol, Loh Kok Bisa..?

Jambu Biji Si Buah 'Super' yang Bisa Turunkan kolesterol, Loh Kok Bisa..?

Jambu biji yang kaya manfaat.-instagram.com-

LINGGAUPOS.CO.ID - Pastinya kita semua sudah tidak asing lagi dengan buah jambu biji.

Umumnya, kamu membawa buah ini ketika ingin menjenguk saudara atau kerabat yang terkena sakit demam berdarah, sebab diyakini dapat mempercepat penyembuhannya.

Tetapi, sebenarnya ada banyak manfaat buah jambu biji merah untuk kesehatan. Buah yang satu ini mempunyai segudang khasiat karena kandungan gizinya yang bisa jadi belum kamu ketahui. 

Selain rasanya yang manis dan menyegarkan, manfaat jambu biji merah bagi kesehatan sangat banyak. Bahkan, buah ini sering dijuluki sebagai buah “super”, karena kandungan nutrisinya yang melimpah, mulai dari vitamin, antioksidan, dan berbagai mineral. 

BACA JUGA:Ibu dan Anak di Lubuklinggau Kompak Bisnis Motor Surat Sebelah, Barang dari Bogor, Harga Lumayan Murah

Itulah sebabnya buah ini dikenal dapat meningkatkan daya tahan tubuh dan kesehatan secara keseluruhan.

Jambu biji atau nama latinnya Psidium guajava atau sering disebut jambu batu, jambu siki dan jambu klutuk adalah tanaman tropis yang berasal dari Brasil disebarkan ke Indonesia melalui Thailand. 

Jambu biji memiliki buah yang berwarna hijau dengan daging buah berwarna putih atau merah dan berasa asam-manis. Disebut jambu biji karena terdapat banyak biji yang berukuran kecil pada bagian tengah daging buahnya.

Buah ini memiliki berbagai jenis kandungan yang sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh, yaitu protein, serat, kalsium, magnesium, kalium, dan vitamin C membuat buah ini banyak digemari oleh pecinta buah.

BACA JUGA:Simak yuk..! 5 Manfaat Konsumsi Toge, Kandungan Gizi dan Cara Memasaknya

Selain itu, jambu biji juga mengandung berbagai macam vitamin, seperti vitamin A, vitamin B, vitamin K, dan vitamin E.

Sementara itu, kandungan karoten pada jambu biji adalah likopen, yang merupakan senyawa pemberi warna merah pada buah.

Budidaya jambu biji juga tidak sulit asalkan ditanam di wilayah tropis, sehingga dapat ditanam di dataran rendah maupun tinggi.

Tanah di Indonesia termasuk ideal untuk budidaya jambu biji karena memiliki curah hujan antara 2.000 - 3.000 mm per tahun dan suhu rata-rata 20 - 30 derajat Celcius. Oleh karena itu banyak masyarakat Indonesia yang memilih untuk menjadi petani jambu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: