Harga BBM Pertamina Turun, Harga Terbaru Pertalite dan Bio Solar Per 20 Januari 2023

Harga BBM Pertamina Turun, Harga Terbaru Pertalite dan Bio Solar Per 20 Januari 2023

Menteri BUMN Erick Thohir mengumumkan turunnya harga BBM Pertamina-Instagram @erickthohir-

JAKARTA, LINGGAUPOS.CO.IDHarga Bahan Bakar Minyak (BBM) Pertamina turun. Hal ini seperti diumumkan oleh Menteri Badan Usaha Milik Negera (BUMN) Erick Thohir.

Erick Thohir menjelaskan penurunan harga BBM Pertamina ini, sesuai arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan rapat Menteri Keuangan, Menteri ESDM dan Menteri BUMN.

Ia juga menjelaskan, bahwa harga BBM yang turun, adalah BBM non subsidi, karena memang mengikuti harga pasar di dunia. 

“Sementara, kami berkomitmen tetap memberikan subsidi bagi masyarakat untuk jenis BBM khusus penugasan (JBKP) Pertalite dan jenis BBM tertentu (JBT) Solar subsidi,” jelasnya.

BACA JUGA:Harga BBM Kamis 12 Januari 2023: Persaingan Pertamina dan Shell

Ia juga mengatakan, bahwa tidak pernah mudah menjaga stabilitas ekonomi negara sambil terus berusaha meringankan beban masyarakat. 

Ditambahkan Erick Thohir, bahwa penyesuaian harga BBM non-subsidi Pertamina, terjadi karena penurunan harga minyak mentah dan produk minyak dunia.

“Dengan penyesuaian ini, harga BBM Pertamina paling kompetitif, dan Pertamina tetap menjamin pasokan BBM ke seluruh tanah air satu harga,” katanya.

“Kami juga akan mengkaji setiap minggu harga BBM non-subsidi yang fluktuatif, mengikuti tren dan mekanisme pasar,” tambahnya.

BACA JUGA:Ini Harga BBM Terbaru di Sumatera, Per 3 Januari 2023

Ia juga menjelaskan, pemerintah akan tetap memberikan subsidi untuk Pertalite dan Solar untuk meringankan beban masyarakat.

Sementara itu, sampai dengan Jumat 20 Januari 2023, belum ada perubahan harga BBM Pertamina. Yakni, sama dengan sebelumnya, saat penyesuaian harga pada Selasa 3 Januari 2023 pukul 14.00 WIB.

Pertamax (RON 92) disesuaikan menjadi Rp12.800 per-liter atau turun Rp1.100 dari sebelumnya Rp13.900.

Kemudian, Pertamax Turbo (RON 98) turun dari Rp 15.200 per liter menjadi Rp 14.050 per-liter, atau turun Rp1.150.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: