Bunglon Bisa Berubah Warna? Kenapa yah!

Bunglon Bisa Berubah Warna? Kenapa yah!

Bunglon bisa mengubah-ubah warna kulitnya.-instagram.com-

Jadi mengapa mereka mengubah warna kulitnya? Para ilmuwan percaya bahwa bunglon berubah warna untuk mencerminkan suasana hati mereka. Dengan melakukan hal ini, mereka bisa mengirimkan sinyal sosial ke bunglon lain.

BACA JUGA:Begini Sepak Terjang Anak Durhaka di Lubuklinggau yang Bikin Ayahnya Meninggal Dunia

Misalnya, warna kulit yang lebih gelap cenderung menunjukkan bunglon yang sedang marah. Warna yang lebih terang dapat digunakan untuk menarik pasangan.

Beberapa jenis bunglon mengubah warnanya untuk membantu tubuh menyesuaikan diri dengan perubahan suhu atau cahaya. Misalnya, bunglon yang kedinginan akan mengubah warnanya menjadi berubah warna yang lebih gelap untuk menyerap lebih banyak panas dan menghangatkan tubuhnya.

Selama bertahun-tahun, para ilmuwan percaya bahwa bunglon mengubah warna mereka dengan memanipulasi sel-sel khusus yang disebut kromatofora yang mengandung berbagai warna pigmen.

Misalnya, ketika bunglon ingin menyampaikan suasana hati atau pesan tertentu, otaknya mengirimkan pesan ke kromatoforanya, kemudian menggerakkan pigmen tersebut untuk mengubah warna kulit bunglon.

BACA JUGA:Nikmati Paket Makan Keluarga di Amazing Riverside Hotel Lubuklinggau Aja!

Saat ini, para peneliti percaya bahwa pigmen bukanlah satu-satunya mekanisme yang digunakan bunglon untuk mengubah warna kulit mereka.

Studi terbaru menunjukkan bahwa bunglon juga memiliki lapisan sel khusus yang disebut iridofor di bawah kulitnya. Sel khusus yang terdiri dari ratusan ribu kristal guanin ini, mengandung pigmen dan dapat memantulkan cahaya.

Bunglon dapat mengendurkan atau mengencangkan kulitnya, menyebabkan sel-sel khusus ini bergerak dan mengubah strukturnya.

Para peneliti menemukan bahwa, ketika hal ini terjadi sel-sel ini membentuk prisma dan memantulkan panjang gelombang cahaya yang berbeda untuk menciptakan variasi warna yang bisa kita lihat.*

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: