Ada yang Tau, Kenapa Laki-laki Punya Puting?

Ada yang Tau, Kenapa Laki-laki Punya Puting?

laki-laki tetap memiliki puting payudara seperti perempuan dengan sejumlah perbedaan bentuk.-twitter.com-

LINGGAUPOS.CO.ID - Payudara secara medis dikenal sebagai kelenjar susu. Menurut laman medicinenet.com, baik pria maupun wanita memiliki payudara.

Akan tetapi, meski struktur payudara pria hampir identik dengan payudara wanita, keduanya memiliki perbedaan yang cukup mencolok. Misalnya saja perihal menyusui.

BACA JUGA:Malaysia Open 2023: Fajar/Rian Juara!

Dimana walaupun payudara pria memiliki puting seperti yang dimiliki wanita, namun payudara mereka tidak bisa digunakan untuk menyusui. Lantas mengapa demikian?

Diketahui kelenjar susu pada wanita terdiri dari lobulus, yakni struktur kelenjar yang menghasilkan susu ketika dirangsang untuk melakukannya.

BACA JUGA:Ini Loh, Syarat 'Naik Kelas' ke SIM C1

Lobulus mengalir ke sistem saluran, menghubungkan saluran yang mengangkut susu ke puting.

Di antara jaringan kelenjar dan saluran, payudara mengandung jaringan lemak dan jaringan ikat.

Meski tidak menyusui bayi, laki-laki tetap memiliki puting payudara seperti perempuan dengan sejumlah perbedaan bentuk. Fungsi evolusi apa yang didapat dari organ itu?

Ahli paleoantropologi di American Museum of Natural History di New York City Ian Tattersall mengatakan pertumbuhan laki-laki dan perempuan ketika masih janin mengikuti cetak biru yang sama.

BACA JUGA:5 Alasan Mengapa Kamu Harus Gosok Gigi Sebelum Tidur, Gak Cuma Cegah Gigi Berlubang, Tapi...

"Pada dasarnya, laki-laki dan perempuan semuanya dibangun dari cetak biru genetik yang sama," kata Tattersall, seperti dikutip dari LiveScience.

"Kemudian, [mereka] berkembang ke arah yang sedikit berbeda [di dalam rahim dan] terutama setelah mencapai pubertas," tambahnya.

Dalam sebuah studi yang diterbitkan di National Academies Press, dijelaskan bahwa semua manusia memulai perkembangannya dari titik awal yang sama.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: