Final AFF 2022: H2H dan Rekor Pertemuan Vietnam vs Thailand

Final AFF 2022: H2H dan Rekor Pertemuan Vietnam vs Thailand

AFF Cup 2022.--

Dua pertemuan terakhir ini berlangsung ketat. Di leg pertama statistik menunjukan Thailand unggul tipis pengguasaan bola sebanyak 53 persen. Vietnam lebih banyak melakukan percobaan tembakan, dengan 8 kali (1 on target), sedangkan Thailand 3 kali (1 on target).

BACA JUGA:Liga Inggris: Prediksi Aston Villa vs Leeds United, Duel Tim Terluka

Di leg 2 Thailand unggul tipis penguasaan bola dengan 58 persen, tanpa sekalipun melakukan tembakan. Sisanya, Vietnam melakukan 2 kali percobaan tembakan dengan 1 kali on target.

Vietnam terakhir kali mengalahkan Thailand di perjumpaan 2019 lalu, tepatnya dalam semifinal ajang King’s Cup. Kedua tim saat itu bermain di Chang Arena Buriram, Thailand, 5 Juni 2019.

Laga berlangsung dramatis, satu-satunya gol kemenangan dicetak Anh Duc pada injury time babak kedua. Di akhir turnamen, Vietnam saat itu menjadi runner-up di bawah Curacao.

Jika berkaca pada pertemuan secara keseluruhan, Vietnam vs Thailand telah bertemu sebanyak 26 kali sejak 1995 di semua ajang. Ini termasuk ajang SEA Games yang sebelum 2001 diikuti Timnas level senior.

BACA JUGA:LaLiga: Prediksi Celta Vigo vs Villarreal, On Fire

Dari semua pertemuan itu, Thailand unggul mutlak dengan memenangi 16 pertemuan, 3 kekalahan, dan 7 laga lain berakhir seri.

Vietnam vs Thailand di Piala AFF terjadi sebanyak 11 kali. Lagi-lagi Thailand unggul 6 kemenangan di Piala AFF, sedangkan 2 kali laga dimenangkan Vietnam, dan 3 pertemuan berakhir imbang.

Rekor kemenangan terbesar Thailand atas Vietnam di Piala AFF terjadi pada 2002 lalu dengan skor 0-4. Sementara rekor kemenangan terbesar Vietnam atas Thailand di Piala AFF dicatatkan 1998 dengan skor 3-0.

Kendati kalah dari jumlah pertemuan, Vietnam punya catatan bagus menghadapi Thailand di laga final Piala AFF. Gelar pertama Vietnam pada AFF 2008 direngkuh usai menumbangkan The War Elephant di partai final.

BACA JUGA:Gresini Racing: Perkenalkan Skuad MotoGP 2023, Alex Marquez Gantikan Bastianini

Saat itu, Thailand bertindak sebagai tuan rumah di leg 1. Namun, mereka justru ditundukkan Vietnam dengan skor 1-2. Laga itu dihelat di Stadion Rajamangala, 24 Desember 2008.

Vietnam unggul 2 gol lebih dulu lewat skor beruntun yang dicetak Nguyen Vu Phong menit 40 dan Le Cong Vinh menit 42. Thailand hanya mampu membalas sekali lewat gol Ronnachai Rangsiyo menit 75.

Selanjutnya pada leg 2 di My Dinh pada 28 Desember 2008, laga Vietnam vs Thailand berakhir sama kuat, 1-1.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: