Pertalite Akan Diganti, Harganya Lebih Murah, Hanya Rp3.100 Per Liter

Pertalite Akan Diganti, Harganya Lebih Murah, Hanya Rp3.100 Per Liter

Bahan Bakar Minyak (BBM) CNG yang diwacanakan akan menggantikan Pertalite, karena harganya lebih murah-Proxsis Surabaya-

JAKARTA, LINGGAUPOS.CO.ID - Harga Pertalite yang saat ini Rp10.000 per liter cukup memberatkan pengendara.

Karena itulah pemerintah mewacanakan mengganti Pertalite dengan Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis lain, yang harganya lebih murah dan terjangkau masyarakat.

BBM yang akan menggantikan Pertalite ini, yakni BBM CNG (Compressed Natural Gas), yang harganya lebih murah, bahkan saat ini Rp3.100 per liter.

Bukan hanya harganya yang miring, namun penggunaan CNG untuk BBM kendaraan lebih irit.

BACA JUGA:Orang Kaya Bebas Nikmati BBM Bersubsidi, Ini Penyebabnya

CNG infonya lebih irit 55 persen dibandingkan Pertalite.

Diketahui, CNG adalah bahan bakar gas yang dibuat dengan melalui kompresi metana (CH4) yang diekstrak dari gas alam atau disebut juga dengan Compressed Natural Gas.

Pengganti BBM bensin Rp3.100 ini lebih murah dari bahan bakar minyak lainnya. 

CNG juga diungkap Pertamina lebih efisien serta mempunyai peforma yang tak kalah dari bensin.

BACA JUGA:Mulai 1 Januari 2023, Seluruh SPBU Tidak Lagi Menjual Bensin

Langkah pemerintah menghadirkan bahan bakar baru pengganti BBM karena untuk menekan dampak dari emisi gas buang kendaraan bermotor dengan mengembangkan dari berbagai teknologi, mulai dari kendaraan listrik hingga bahan bakar alternatif.

Direktur Utama PGN (Perusahaan Gas Negara), M Haryo Yunianto menjelaskan, penggunaan CNG sebagai pengganti bbm bensin lebih irit 55 persen dibanding dengan Pertalite.

Tak hanya itu, dalam pengaplikasian CNG juga tinggal menambahkan tabung CNG berukuran 14 x 53 cm sehingga tidak mengganggu kenyamanan dalam berkendara untuk digunakan pada sepeda motor.

M Haryo Yunianto menjelaskan selain harga CNG lebih murah dari bensin, CNG juga memiliki performa lebih baik dari Pertalite karena dari bahan baku metana yang bersih dan beroktan tinggi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: palpres.com