BWF World Tour Final 2022: Jadwal dan Format Kompetisi

BWF World Tour Final 2022: Jadwal dan Format Kompetisi

Apriyani Rahayu/ Siti Fadia Silva Ramadhanti (Indonesia)-twitter.com/prifadteam-

Proses drawing juga kembali berlaku di babak semfiinal, yang akan mempertemukan juara grup melawan runner-up. Dengan demikian peserta dalam grup yang sama punya kans kembali bertemu di babak semifinal.

Wakil Indonesia di BWF WTF 2022

Indonesia untuk pertama kalinya dalam sejarah berhasil meloloskan wakil di setiap sektor dalam ajang BWF World Tour Final. Meski harus diakui ada faktor keberuntungan yang mendasari terciptanya rekor tersebut.

BACA JUGA:Hasil Iran Vs Amerika Serikat: The Yanks Menang 1-0, Tantang Belanda di 16 Besar

Kesempatan bagus didapat tunggal putri Gregoria Mariska Tunjung, serta ganda putri Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti. Mereka sejatinya tidak lolos ke Bangkok jika mengacu peringkat di klasemen. Akan tetapi lantaran ada peserta yang batal tampil, maka Gregoria dan Apri/Fadia mendapat limpahan tiket lolos ke WTF 2022.

Gregoria mendapat limpahan tiket lolos usai mundurnya tunggal putri India, Pusarla V. Sindhu. Tapi tetap saja Gregoria mendapatkan posisi teratas dalam daftar reserve player lewat perjuangan keras.

Dalam persaingan di klasemen, Gregoria bersaing ketat dengan tunggal Jepang, Nozomi Okuhara. Capaian Gregoria yang lebih baik ketimbang Okuhara di turnamen paling akhir Australia Open 2022, membuat tunggal Indonesia berhak lolos ke Bangkok.

"Saya bersyukur bisa bermain di sana (WTF 2022). Tetapi saya tidak mau berpuas diri, karena saya bisa lolos karena menggantikan pemain lain," kata Gregoria, dikutip dari laman PBSI.

BACA JUGA:Hasil Wales Vs Inggris: Skor 0-3, The Three Lions Tantang Senegal

Apri/Fadia juga mendapat limpahan berkah akibat ada peserta dari sektor ganda putri yang mundur. Ini menjadi kali pertama bagi mereka bermain di WTF sebagai pasangan. Apri sebelumnya sudah pernah berlaga di WTF, namun saat masih berpasangan dengan Greysia Polii.

"Tidak menyangka dan senang rasanya. Kemarin memang ingin main di WTF tapi poinnya tidak cukup. Tapi ternyata ada jalannya dan tidak boleh disia-siakan," ucap Fadia.

Selain Gregoria dan Apri/Fadia, masih ada 5 wakil Indonesia lainnya. Tunggal putra diwakili Jonatan Christie dan Anthony Sinisuka Ginting. Ganda campuran meloloskan satu wakil, yakni Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari.

Sedangkan ganda putra akan diwakili Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto dan Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan. Keduanya berada di peringkat 1 dan 2 klasemen akhir, sehingga dipastikan tidak akan berada di grup yang sama.*

BACA JUGA:Hasil Belanda vs Qatar: Skor 2-0, Die Oranje Pastikan Juara Grup

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: