Simak, Ini Efeknya Jika Anda Minum Kopi Setelah Berolahraga

Simak, Ini Efeknya Jika Anda Minum Kopi Setelah Berolahraga

Minum Kopi saat santai bisa memberikan rasa yang rileks-pixabay.com-

JAKARTA, LINGGAUPOS.CO.ID - Kopi merupakan minuman favorit bagi banyak orang di seluruh dunia.

Minum kopi setelah bangun tidur bahkan sudah seperti ritual di pagi hari bagi sebagian orang sebelum beraktivitas sehari-hari.

Tak hanya disajikan sebagai minuman pagi, kopi juga biasa dihidangkan untuk menemani seseorang saat bekerja. Ini tidak lepas dari reputasi kopi yang dikenal karena kemampuannya dapat meningkatkan fokus dan tingkat energi Anda.

Minum Kopi, merupakan suatu kegiatan yang suka dilakukan oleh banyak orang, terlebih lagi kalangan para pria.

BACA JUGA:Aktivis Musi Rawas Apresiasi Polisi Tangkap Bandar Narkoba

Sebab, ada rasa tenang tersendiri yang akan kita dapatkan ketika kita Minum Kopi.

Memang benar kalau ada juga orang yang tidak suka kopi, tapi lebih banyak orang yang menyukainya.

Yang lebih mengejutkannya lagi, Minum Kopi setelah olahraga malah akan memberikan dampak yang baik bagi tubuh loh.

Padahal ada banyak pembicaraan yang mengatakan kalau setelah olahraga tidak boleh Minum Kopi.

BACA JUGA:Peringati HUT PGRI ke-77 dan HGN, PGRI Lubuklinggau Adakan Donor Darah

Kalau kalian masih penasaran mengenai hal yang satu ini, simak artikel ini baik-baik ya.

Melansir melalui sebuah penelitian yang telah dipublikasikan pada Journal of Applied Physologi, Minum Kopi dapat membantu proses pemulihan tubuh ketika kita baru melakukan olahraga.

Melansir melalui sebuah penelitian yang telah dipublikasikan pada Journal of Applied Physologi, Minum Kopi dapat membantu proses pemulihan tubuh ketika kita baru melakukan olahraga.

Dalam penelitian tersebut, para peneliti mendapatkan data bahwa para atlet yang mengonsumsi karbohidrat dan kafein setelah melakukan olahraga, dapat mengembalikan glikogen dalam tubuh sebanyak 66 persen dengan proses yang lebih cepat dibandingkan dengan para atlet yang hanya mengonsumsi karbohidrat tanpa tambahan kafein.

BACA JUGA:Sebelum Dibakar, Mahasiswa IGM Palembang Terlebih Dahulu Dibunuh, Ini Motifnya

Ketika berolahraga, tubuh kita akan menggunakan kandungan glukosa sebagai sumber energi.

Kalau kandungan glukosan dalam tubuh sudah habis, tubuh akan mengganti penggunaan glukosan menjadi menggunakan glikogen dalam otot sebagai sumber energi.

Nah, apabila keduanya telah habis, maka tubuh akan menjadi lelah.

Untuk mengembalikan kondisi tubuh seperti awal dan memiliki energi lagi, kita sering disarankan untuk memakan makanan yang memiliki kandungan karbohidrat tinggi untuk membuat tubuh membentuk glikogen kembali.

BACA JUGA:Mahasiswa IGM Palembang Tewas Dibakar Temannya

Tapi, ketika kita Minum Kopi, maka kemampuan untuk membuat tubuh segar dan kembali berenergi akan menjadi lebih cepat.

Ada hal penting lain yang harus kalian perhatikan juga jika ingin Minum Kopi bahkan ketika kalian baru saja berolahraga.

Para peneliti dan pakar kesehatan sangat menyarankan untuk tidak hanya mengonsumsi Kopi saja.

Melainkan dibarengi memakan makanan dengan kandungan karbohidrat agar proses menjadi lebih maksimal.

BACA JUGA:Penting Tips Membangun Rumah Tahan Gempa Ala Dahlan Iskan

Bagi kalian yang memang suka Minum Kopi, pastikan juga untuk tidak mengonsumsinya secara berlebihan ya.

Konsumsilah kopi secukupnya saja, aga terhindar dari risiko peningkatan denyut jantung yang bisa menimbulkan rasa gelisah.

Kopi juga memiliki sifat diuretik (menguras cairan tubuh), jadi kalau kalian mengonsumsinya secara berlebihan di saat kalian baru saja melakukan aktivitas olahraga, kalian bisa dehidrasi.

Sebab tubuh pasti akan membutuhkan banyak cairan dan membutuhkan banyak air.

BACA JUGA:Penting Tips Membangun Rumah Tahan Gempa Ala Dahlan Iskan

Pastikan kalian Minum Kopi secukupnya saja dan tidak berlebihan.

Kita juga tahu bahwa semua hal yang kita lakukan secara berlebihan pasti akan membuaikan hasil yang tidak baik untuk diri kita sendiri maupun orang terdekat kita.(*)

 

 

Sumber: disway.id