Tahukah Kamu, 13 November 32 Tahun yang Lalu Diciptakan Halaman Website

Tahukah Kamu, 13 November 32 Tahun yang Lalu Diciptakan Halaman Website

Word Wide Web (WWW) atau Website-KatarzynaTyl-Pixabay

Ketika kita mengakses sebuah situs web yang terhubung dengan web hosting tempat dimana data situs web tersebut disimpan, maka kita bisa menikmati informasi yang ada di dalamnya.

BACA JUGA:Waduh! Wanita Kebaya Merah Dikabarkan Pasien RSJ, Diduga Alami Kepribadian Ganda?

Sebaliknya, jika sebuah situs web tidak terhubung dengan web hostingm maka kita tidak bisa mengakses situs tersebut.

4. Portal

Ketika kita berselancar di jaringan internet dan menemukan sebuah halaman web yang menyediakan beberapa layanan sekaligus seperti berita terbarum tanya jawab, chatting atau surat menyurat elektronik, maka kita sedang mengunjungi sebuah portal. 

Sehingga dapat disimpulkan WWW menghubungkan pengguna (user) dengan server ataupun user yang lain untuk bertukar data, dokumen, dan berbagai informasi yang lain. 

BACA JUGA:Barang Bukti Uang OTT Pejabat Disdik Bengkulu Utara Hanya Segni, Diduga dari Kontraktor

WWW tidak hanya berperan sebagai pengatur, tetapi juga sebagai penyedia dan penampil data yang ada di internet. Hal ini memungkinkan pengguna untuk saling bertransfer data secara cepat dan teratur.

Penemu WWW

WWW pertama kali ditemukan pada tahun 1990  oleh Tim Berners Lee dan telah mengalami sejarah yang cukup panjang. 

Dikutip dari wikipeda, awalnya pada 1988, IP antara Eropa dan Amerika Utara tersambung secara langsung untuk pertama kalinya.

BACA JUGA:Simak Sejarah Filosofi dan Cara Membuat Rendang, Masakan Indonesia yang Mendunia

Kemudian Berners-Lee  untuk pertama kalinya membahas potensi sistem jejaring (web) di CERN, sebuah laboratorium fisika partikel yang ada di Jenewa.

12 Maret 1989, Berners-Lee mengirim sebuah proposal berjudul “Information Management: A Proposal” kepada dewan manajemen CERN. 

Ia mengusulkan sistem bernama “Mesh” yang menggunakan ENQUIRE, proyek pangkalan data dan perangkat lunak yang ia buat pada tahun 1980. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: