Tragedi Kanjuruhan : TGIPF Pastikan Kematian Disebabkan Gas Air Mata

Tragedi Kanjuruhan : TGIPF Pastikan Kematian Disebabkan Gas Air Mata

--

JAKARTA, LINGGAUPOS.CO.ID - Sedikitnya 132 nyawa melayang dan 580 lainnya luka-luka dalam tragedi Kanjuruhan pada 1 Oktober 2022 sesudah laga Arema FC kontra Persebaya Surabaya. 

"Yang meninggal, cacat, dan kritis dipastikan terjadi karena berdesak-desakan setelah ada gas air mata yang disemprotkan," ujar Ketua TGIPF, Mahfud MD.

BACA JUGA:Jack Miller : Masih Punya Kans Juara, Tolak Bantu Pecco Bagnaia di Australia

Tim Gabungan Independen Pencari Fakta (TGIPF) membeberkan ahsil temuan mereka atas tragedi Kanjuruhan ke Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo. TGIPF memastikan bahwa kematian massal yang menyebabkan tewasnya 132 orang itu disebabkan oleh gas air mata.

BRIN Periksa Tingkat Berbahaya Gas Air Mata

Mahfud MD mengatakan bahwa tingkat berbahaya gas air mata atau racun yang berada dalam gas itu tengan didalami oleh Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN).

BACA JUGA:Jadwal MotoGP Australia 2022 : Kans Fabio Quartararo untuk Pertahankan Gelar Juara

"Itu penyebabnya. Peringkat berbahaya atau racun pada gas itu sekarang sedang diperiksa oleh BRIN," jelas Mahfud MD.

"Tetapi, apa pun hasil pemeriksaan BRIN, itu tidak bisa mengubah kesimpulan bahwa kematian massal, terutama disebabkan oleh gas air mata," tuturnya.

BACA JUGA:Liga Inggris : Kolaborasi Son-Harry Sudah Kembali, Modal Hat-trick Demi Duel Liverpool vs City

Proses Jatuhnya Korban Lebih Mengerikan

Selain itu, TGIPF juga menemukan sejumlah fakta baru dan mengungkapkan bahwa proses jatuhnya korban di Kanjuruhan lebih mengerikan ketimbang cerita di televisi atau media sosial.

"Fakta yang kami temukan, korban yang jatuh dan proses terjatuhnya korban itu jauh lebih mengerikan dari yang beredar," ucap Mahfud MD.

BACA JUGA:Agar Aleix Espargaro Juara : Maverick Vinales Siap Turuti Team Order

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: