Ini 3 Manfaat Sehat Anak Bermain di Luar Rumah Tanpa Pegang Gadget

Ini 3 Manfaat Sehat Anak Bermain di Luar Rumah Tanpa Pegang Gadget

Manfaat Ajak Anak Kecil Bermain di Luar Rumah-Nowaja-Pixabay--

JAKARTA, LINGGAUPOS.CO.ID - Seiring dengan perkembangan teknologi, anak jadi lebih suka berdiam diri di rumah dan bermain gadget. Padahal bermain di luar lebih banyak manfaatnya yakni manfaat secara fisik, maupun secara mental.

Perlu anda ketahui juga bahwa jika anak-anak sudah kecanduan gadget, maka hal itu sangat amat berdampak buruk bagi kesehatan mental mereka.

Jangan pernah izinkan anak untuk memegang gadget dalam durasi yang sangat lama.

Mulailah ajak anak-anak bermain di luar rumah, beritahu bahwa dunia luar jauh lebih indah dibandingkan game online atau offline yang ada di gadget.

BACA JUGA:Perawat Cabul Juga Manager Futsal, Kapolres Lubuklinggau Himbau Korban Melapor

Bahkan ada banyak manfaat yang bisa dimunculkan loh apabila Anda sering mengajak anak bermain di luar rumah tanpa memegang gadget.

Dilansir dari laman Heathline, berikut 3 manfaat mengajak main anak-anak di luar rumah.

1.) Vitamin D meningkat

Penelitian dari 2018 memperkirakan bahwa sekitar 42 persen orang dewasa Amerika kekurangan vitamin D. Banyak anak juga tidak mendapatkan cukup nutrisi ini.

BACA JUGA:Penggila Pempek, Ini Resep Pempek Palembang, Cobain Yuk!

Menurut sebuah studi 2016 dari 330 anak-anak di Busan, Korea Selatan, hampir 60 persen peserta berusia 6 hingga 12 tahun mengalami kekurangan vitamin D.

Angka serupa dalam studi tahun 2009 yang lebih tua dari anak-anak AS: 61 persen, atau 50,8 juta, kekurangan vitamin D, sementara 9 persen kekurangan vitamin D.

"Tingkat vitamin D yang lebih rendah telah dikaitkan dengan tingkat masalah kesehatan mental yang lebih tinggi," kata Warsh.

Hal tersebut termasuk:

BACA JUGA:Ini 13 Ciri-ciri Anak Indigo yang Bisa Dikenali Orang Tua

- Kecemasan

- Depresi

- Masalah perilaku

- Penurunan respon imun

BACA JUGA:Ice Karlina Minta Pemkab Muratara Sahkan Dirinya Sebagai Calon Kades

Jika Anda bermain di bawah sinar matahari, maka itu dapat meningkatkan kadar nutrisi penting ini pada orang dewasa dan anak-anak, yang pada akhirnya dapat meningkatkan kesehatan mental juga.

2.) Dapat jam tidur yang lebih baik.

Jika Anda atau anak Anda kurang tidur, Anda tahu betapa mengganggunya kesejahteraan seluruh rumah tangga Anda.

"Jika Anda mengalami kesulitan tidur, Anda mungkin merasa lebih cemas, depresi, mudah tersinggung, atau gelisah,” kata Gary Fedoroff, direktur experiential learning untuk Newport Healthcare.

BACA JUGA:Polres Lubuklinggau Tangkap Residivis Bandit Pecah Kaca, Kasusnya Sadis

"Ini juga memengaruhi toleransi kesusahan dan frustrasi Anda. Kurang tidur membuat masalah yang muncul terasa kurang terkendali," tambahnya.

Tetap saja, ada kabar baik! Sebuah tugas di halaman belakang atau di taman dapat mempromosikan istirahat yang lebih baik dan membantu menstabilkan kesehatan emosional.

Dalam sebuah studi tahun 2015 terhadap lebih dari 250.000 orang dewasa, mereka yang memiliki akses ke lingkungan alami lebih mungkin untuk mendapatkan tidur yang cukup.

Studi 2021 lainnya dari 14 negara meneliti efek pandemi COVID-19 pada anak-anak usia 3 hingga 5 tahun. Para peneliti menemukan bahwa mereka yang menghabiskan waktu di luar lebih mungkin memenuhi pedoman kesehatan global WHO.

BACA JUGA:Viral, Pelecehan Seksual Catcalling di Gili Trawangan

Salah satu tolak ukurnya? Tidur yang cukup.

3. Meningkatkan kesejahteraan secara keseluruhan

"Bagi mereka yang menderita kecemasan dan depresi terkait trauma, terutama sebagai akibat dari semua yang telah kita alami selama beberapa tahun terakhir dengan pandemi, berada di luar ruangan dapat sangat bermanfaat untuk meningkatkan kesejahteraan emosional,” kata Fedoroff.

Penelitian dari 2016 menunjukkan bahwa semakin banyak waktu yang dihabiskan anak-anak di ruang hijau, semakin besar kemungkinan mereka mengalami kesejahteraan emosional yang lebih besar.

BACA JUGA:Bejat, Ustaz Ini Minta Tolong Dipijat, Tapi Dua Santri Laki-laki Jadi Korbannya

Satu tinjauan ilmiah tahun 2019 menyimpulkan bahwa waktu di lingkungan alami bermanfaat bagi berbagai komponen kesejahteraan emosional.

Hal tersebut termasuk:

- Pengaruh positif, atau kapasitas untuk mengalami emosi positif

- Arti dan tujuan hidup

BACA JUGA:Selain Menyehatkan 4 Sup Lezat Ini Bisa Membantu Menurunkan Berat Badan

- Interaksi sosial yang positif

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: