Korea Selatan Banjir, Seoul dan Gangnam Terendam, 7 Orang Tewas

Korea Selatan Banjir, Seoul dan Gangnam Terendam, 7 Orang Tewas

Kondisi banjir bandang di Korea Selatan yang hantam sejuimlah wilayah.-Twitter/ @TheKoreaHerald-Twitter/ @TheKoreaHerald-

LINGGAUPOS.CO.ID - Korea Selatan dilanda banjir bandang, akibat intensitas hujan deras yang tinggi. Salah satu yang teredam adalah ibu kota Seoul.

Akibat banjir ini, pemandangan kota metropolitan itu berubah drastis dipenuhi genangan air pada rumah-rumah warga. Bahkan kendaraan, gedung, hingga jalur kereta bawah tanah juga ikut lumpuh.

Bukan hanya melumpuhkan fasilitas umum dan kegiatan warganya, banjir bandang ini juga diketahui telah menelan korban jiwa. Dilaporkan ada 7 orang tewas akibat bencana ini.

BACA JUGA:Honor Badan Ad Hoc Penyelenggara Pemilu dan Pilkada 2024 Resmi Naik, Simak Rinciannya

Mengutip The Korea Herald, tiga orang yang terdiri dari anak-anak berusia 13 tahun dan dua orang dewasa berusia sekitar 40 tahun, tewas setelah terperangkap di sebuah apartemen semi-basement di distrik Gwanak-gu, Seoul. 

Di Dongjak, seorang pegawai kantor berusia 60-an meninggal karena tersengat listrik setelah melakukan pembersihan pohon tumbang di pinggir jalan karena hujan.

Satu orang lagi tewas pada di sebuah rumah terendam di distrik itu.

BACA JUGA:14 Orang Saksi Dihadirkan Dalam Sidang Bawaslu Muratara

Sementara di kota Gwangju, Provinsi Gyeonggi, satu orang ditemukan tewas terperangkap di bawah puing-puing setelah sebuah stasiun bus runtuh. 

Satu lainnya meninggal setelah tanah longsor, yang membuatnya terkubur.

Banjir ini sekaligus menjadi yang terbesar setelah 80 tahun di wilayah Seoul dan sekitarnya.

Dinas Kehutanan Korea juga telah mengeluarkan peringatan tanah longsor di 47 kota dan kabupaten di seluruh negara pada Selasa pagi.

BACA JUGA:Pengakuan Pengurus Perbakin Musi Rawas yang Ditangkap

Terrmasuk di dalamnya sembilan distrik di Seoul, bagian dari provinsi Incheon, Gyeonggi, Gangwon, dan Chungcheong Utara dan Selatan.

Bukan hanya di Seoul, banjir ini juga berdampak sampai ke Gangnam.

Akibat banjir ini, wilayah elite di daerah tersebut dilaporkan terendam air.

Bahkan, pemadaman listrik juga dilakukan pada wilayah tersebut.

BACA JUGA:Motif Pembunuhan di Terawas Terungkap, Ternyata Sepele

Administrasi Meterologi Korea mencatat bahwa pusat negara dan wilayah lainnya menerima hujan hingga 50 mm per jam, dengan akumulasi curah hujan di Seoul mencapai 422 mm dari Senin hingga pukul 8 pagi di hari Selasa.

Sementara itu, akibat bencana alam tersebut, Presiden Yoon Suk Yeol menginstruksikan tempat kerja publik dan swasta untuk mendorong karyawan menyesuaikan jam perjalanan mereka, menurut kantor kepresidenan.

Pesan keselamatan publik juga dikirim oleh pemerintah daerah pada malam hari waktu setempat, yang berisi adanya peringatan potensi tanah longsor.

Sementara, warga Korea Selatan yang tinggal di daerag dekat hutan juga disarankan untuk segera mengungsi sebagai tindak pencegahan hal-hal yang tidak diinginkan.

BACA JUGA:Pengurus Perbakin Musi Rawas Ditangkap Polisi Lubuklinggau, Kasusnya Serius

Kabar baniir bandang yang menimpa Korea Selatan, terutama wilayah Seoul ini juga menjadi trending topic di sosial media.

Foto-foto dan video yang melihatkan kondisi bencana banjir tersebut juga telah tersebar di internet dan mendulang banyak simpati dari masyarakat Indonesia.(*)

Artikel ini sudah tayang di disway.id dengan judul: Banjir Bandang Terjang Korea Selatan, Seoul hingga Gangnam Terendam Air, Tewaskan 7 Orang

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: