Kabel Lampu Jalan Dicuri, Kini Diganti Kabel Udara

Kabel Lampu Jalan Dicuri, Kini Diganti Kabel Udara

LINGGAUPOS.CO.ID - Kabel lampu jalan di Simpang RCA dicuri orang tidak bertanggungjawab beberapa waktu lalu. Kini lampu jalan di sana sudah kembali menyala, karena kabelnya sudah diganti. 

Hanya saja untuk menghindari pencurian kedua kalinya. Kabel yang digunakan bukan kabel bawah tanah lagi, namun kabel udara. 

Baca Juga: Keterlaluan, Kabel Lampu Jalan di Simpang RCA Diembat Maling

Sekretaris Dinas Perumahan dan Pemukiman Kota Lubuklinggau, Misno saat dikonfirmasi, Selasa (21/6/2022) mengatakan, "Sekarang lampunya sudah menyala lagi, kita ganti dengan kabel udara," katanya. 

Ia mengatakan akibat pencurian kabel itu kerugian sekitar Rp4 juta. Kabel yang hilang panjangnya 40 meter berisikan tembaga, berisolasi dan baja. Harga kabel permeter Rp100 ribu dan bila dikalikan 40 meter, total kerugian mencapai Rp4 juta. 

"Memang dilokasi ada CCTV, tapi tidak semua spot bisa dipantau. Mungkin yang mencuri tahu tidak terpantau," timpalnya.

Selain itu, tindak pencurian kabel bawah bukan kali pertama terjadi melainkan sudah dua kali. Maret lalu, kabel bawah tanah di depan kantor Dinas Lingkungan Hidup Kota Lubuklinggau wilayah Kelurahan Kayu Ara, Kecamatan Lubuklinggau Barat I sepanjang 80 meter juga hilang.

Terpisah Kapolres Lubuklinggau AKBP Harissandi melalui Kasat Reskrim AKP M Romi menjelaskan pihaknya belum menerima laporan terkait pencurian kabel itu. (*) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: