Alasan Shin Tae-yong Pilih Malik Risaldi Gantikan Ramadhan Sananta di Kualifikasi Piala Dunia 2026

Selasa 08-10-2024,16:43 WIB
Reporter : M Raihan Putra
Editor : M Raihan Putra

LINGGAUPOS.CO.ID - Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, baru-baru ini membuat keputusan menarik dengan memasukkan penyerang Persebaya Surabaya, Malik Risaldi, ke dalam skuad untuk menghadapi dua laga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. Dalam putaran kedua, Timnas Indonesia akan melawan Bahrain dan China.

Keputusan Shin untuk membawa Malik Risaldi menjadi sorotan, terutama karena keputusan ini sekaligus menggeser Ramadhan Sananta, pemain yang selama ini menjadi andalan tim Garuda. 

Shin menjelaskan bahwa keputusannya ini diambil berdasarkan kebutuhan tim saat ini dan kondisi terkini dari para pemain.

Kondisi Malik Risaldi Lebih Baik dari Sananta

BACA JUGA:5 Kandidat Kuat Juara Liga Champions 2024/2025 dengan Format Baru

Shin Tae-yong menjelaskan bahwa masuknya Malik Risaldi ke dalam skuad Garuda kali ini merupakan keputusan yang didasari oleh performa dan kondisi fisik pemain. 

Menurutnya, Malik lebih siap untuk menghadapi pertandingan dibandingkan Ramadhan Sananta. “Kondisi Malik terlihat lebih baik, dan saya ingin memberikan kesempatan kepadanya. Jadi, akhirnya saya memilih dia,” ujar Shin pada Senin 7 oktober 2024.

Keputusan ini bukan yang pertama bagi Shin untuk memanggil Malik. Sebelumnya, Malik juga dipanggil dalam persiapan Kualifikasi Piala Dunia 2026 untuk putaran kedua melawan Irak dan Filipina. 

Namun, saat itu Malik tidak masuk dalam skuad final. Kini, ia kembali diberi kesempatan untuk membuktikan dirinya di laga internasional.

BACA JUGA:Samsung Galaxy A16 5G Resmi jadi HP Murah Pertama yang Dapat Android 6 Kali

Perjalanan Karier Malik Risaldi di Timnas

Malik Risaldi sudah mencatatkan debut bersama Timnas Indonesia dalam laga uji coba melawan Tanzania pada 2 Juni lalu di Stadion Madya, Jakarta. 

Meskipun turun sebagai pemain pengganti, Malik belum berhasil memberikan dampak signifikan dalam pertandingan yang berakhir imbang 0-0.

Namun, penampilan Malik di level klub, khususnya bersama Persebaya Surabaya di Liga 1, menjadi alasan kuat bagi Shin Tae-yong untuk memberinya kesempatan lagi di Timnas. 

BACA JUGA:Matic Stylish dengan Mesin 125 cc dan Bagasi Luas, Honda Luncurkan SCR125 2025

Pada musim lalu dan musim ini, Malik tampil gemilang bersama Persebaya. Berdasarkan statistik, ia telah mencetak dua gol dalam empat pertandingan Liga 1 musim ini. 

Salah satu momen pentingnya adalah ketika Malik mencetak dua gol dalam kemenangan 2-1 atas Persis Solo pada 18 September lalu.

Fleksibilitas Posisi: Kekuatan Tambahan bagi Timnas

Kategori :