Daftar Pemda yang Sudah Mengumumkan Formasi PPPK dan CPNS 2024, Pemkab Sijunjung Terbesar

Rabu 21-08-2024,12:02 WIB
Reporter : M Raihan Putra
Editor : M Raihan Putra

LINGGAUPOS.CO.ID - Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) secara resmi membuka seleksi penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2024. 

Pengumuman resmi mengenai pembukaan seleksi ini dilakukan pada Senin, 19 Agustus 2024. Ini menjadi kesempatan besar bagi masyarakat Indonesia yang memenuhi kualifikasi pendidikan tertentu untuk bergabung dalam korps Pegawai Negeri Sipil (PNS).

Pembukaan seleksi CPNS ini diharapkan dapat memenuhi kebutuhan tenaga kerja di berbagai instansi pemerintahan di seluruh Indonesia. Total formasi yang dibuka sebanyak 250.407, yang tersebar di berbagai wilayah Indonesia. 

Ini mencakup kebutuhan di tingkat pemerintah provinsi (pemprov), pemerintah kabupaten (pemkab), dan pemerintah kota (pemkot).

BACA JUGA:CPNS 2024, Musi Rawas Utara Terima Disabilitas dan Putra Putri Daerah Tertinggal

Jumlah formasi yang disediakan ini juga termasuk formasi untuk Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

Formasi CPNS Daerah

Menpan RB telah bekerja sama dengan berbagai daerah untuk menentukan jumlah formasi yang dibutuhkan. Setiap daerah memiliki kebutuhan yang berbeda-beda, tergantung pada kondisi dan kebutuhan spesifik mereka. 

Misalnya, Pemkab Aceh Besar di Provinsi Aceh membuka 100 formasi untuk CPNS dan 1.000 formasi untuk PPPK. Sementara itu, Pemkab Aceh Barat menyediakan formasi CPNS tenaga kesehatan sebanyak 30 orang, CPNS tenaga teknis sebanyak 64 orang, dan sejumlah formasi PPPK untuk guru, tenaga kesehatan, serta tenaga teknis.

BACA JUGA:CPNS 2024, BKKBN Buka Ribuan Kuota, Cek ini Daftar Formasi Serta Gajinya

Pemprov Riau, misalnya, membuka 22 formasi untuk CPNS tenaga kesehatan, 58 formasi untuk CPNS tenaga teknis, dan sejumlah besar formasi untuk PPPK, termasuk 1.114 formasi untuk guru dan 5.095 formasi untuk tenaga teknis. 

Di sisi lain, Pemprov Sumatera Selatan juga membuka berbagai formasi, dengan jumlah yang bervariasi antara CPNS dan PPPK.

Wilayah dengan Formasi Terbesar

Beberapa daerah mencatatkan jumlah formasi yang sangat besar. Pemkot Padang, Sumatra Barat, misalnya, membuka 459 formasi untuk CPNS dan 4.892 formasi untuk PPPK. 

BACA JUGA:Seleksi CPNS 2024 Kabupaten Muara Enim, Daftar Lengkap Formasi Tenaga Kesehatan

Kategori :