7 Dampak Buruk Media Sosial, Kalian Wajib Tahu!

Rabu 22-11-2023,11:00 WIB
Reporter : Indah Manda Sari
Editor : M Raihan Putra

6. Meningkatkan kecemburuan sosial

Scrolling media sosial terus-menerus juga dapat menciptakan perbandingan-perbandingan yang tidak sehat. Misalnya adalah Anda membandingkan barang-barang yang dimiliki dan tidak dimiliki dengan kepunyaan orang lain.

Padahal, apa yang orang lain unggah di media sosial belum tentu sama indahnya dengan kenyataan. Sama seperti Anda, orang lain juga pasti memiliki masalah dan kesulitan masing-masing yang mungkin sama atau lebih buruk daripada yang Anda hadapi. Hanya saja, hal tersebut tidak ditampilkan di media sosial.

BACA JUGA:Warga Lubuklinggau Ajak Anak Berbuat Jahat, Beraksi di 9 Lokasi, Layak Dijuluki Raja Jambret

Jika Anda terpengaruh dengan dampak negatif media sosial yang satu ini, hal ini dapat mengganggu kesehatan mental dan meningkatkan kecemburuan sosial.

7. Menimbulkan ketidakpuasan diri

Ketika sedang scrolling media sosial, Anda pasti sering melihat unggahan orang lain yang menunjukkan wajah atau tubuhnya yang tampak ideal.

Jika Anda melihat hal tersebut secara terus-menerus, hal ini dapat menimbulkan dampak negatif media sosial, seperti ketidakpuasan pada diri sendiri.

BACA JUGA:Ketahui, 5 Jenis Tanaman Hias ini Disebutkan dalam Alquran Bisa Membawa Keberuntungan

Mungkin Anda saat ini sadar bahwa unggahan-unggahan yang bertebaran di media sosial sebagian besar adalah hasil manipulasi dari filter kamera atau aplikasi.

Namun, tetap saja muncul standar kecantikan yang tidak realistis dalam diri, sehingga membuat Anda merasa tidak pernah cukup dan puas. Hal tersebut akhirnya akan menurunkan kepercayaan diri Anda.

Itulah dampak negatif dari media sosial. Sebaiknya gunakan media sosial dengan bijak. 

Jangan berlebihan terhadap segala sesuatu. Semoga informasi ini bermanfaat. (*)

Kategori :