6 Cara Mengendalikan Emosi Menjaga Kesehatan Mental, Hidup Anda Menjadi Lebih Tentram

Jumat 27-10-2023,16:30 WIB
Reporter : Endah Sari
Editor : M Raihan Putra

LINGGAUPOS.CO.ID - 6 cara mengendalikan emosi menjaga kesehatan mental, sehingga hidup anda lebih tentram, simak ulasannya berikut.

Orang yang sehat secara mental memiliki emosi yang sangat beragan. Pada beberapa situasi, mengontrol luapan emosi adalah sesuatu yang cukup sulit untuk dilakukan.

Mengendalikan emosi hanya bisa dilakukan oleh diri sendiri. Sehingga anda harus menemukan cara yang tepat, agar tidak merugikan diri sendiri dan orang lain disekitar.

Emosi adalah keadaan psikologis yang kompleks, melibatkan tiga komponen berbeda, yaitu pengalaman subjektif, respons fisiologis, dan respon perilaku atau ekspresif.

BACA JUGA:Prediksi Barito Putera vs Persikabo 1973, BRI Liga 1, Jumat 27 Oktober 2023, Kick Off 19.00 WIB

Selain itu, emosi juga dipengaruhi oleh keadaan sekitar, suasana hati, dan hubungan dengan orang lain. Bahkan, orang-orang yang tidak bisa mengelola dan mengontrol emosinya rentan mengalami berbagai gangguan mental, salah satunya depresi.

Disamping itu, kontrol emosi yang tidak baik juga bisa meningkatkan risiko gangguan kecemasan, dan gangguan kepribadian ambang, yaitu kondisi mental yang mempengaruhi cara berpikir tentang diri sendiri dan orang lain.

Bentuk emosi juga ada banyak yaitu, senang, marah, sedih, takut, khawatir, cemas dan sebagainya. Sangat penting untuk mengelolanya dengan baik agar kesehatan mental tetap terjaga.

6 Cara Mengendalikan Emosi Dengan Baik

BACA JUGA:ATR BPN Musi Rawas Bersama Bupati Bagikan 650 Sertifikat Redistribusi Tanah di Desa Suka Makmur

1. Pikirkan tentang dampak dari emosi

Tak semua emosi yang intens adalah sesuatu yang buruk. Emosi membuat hidup lebih unik dan menarik. Sangatlah normal untuk mengalami suatu beban emosional pada satu kesempatan, baik itu hal yang baik atau buruk.

Hanya saja, sebaiknya kamu memikirkan apa dampak yang akan ditimbulkan dari emosi yang akan dilepaskan itu. Emosi yang tak terkendali dapat menyebabkan banyak hal yang merugikan, baik untukmu sendiri ataupun orang lain.

2. Identifikasi apa yang dirasakan

BACA JUGA:Kabar Terbaru Tol Lubuklinggau, Setelah Jokowi Resmikan Tol Indralaya Prabumulih

Kategori :