Harus Ingat Moms! 5 Makanan Ini Wajib Dihindari Bumil, Dampaknya Sangat Fatal

Harus Ingat Moms! 5 Makanan Ini Wajib Dihindari Bumil, Dampaknya Sangat Fatal

Asupan nutrisi selama kehamilan, baik jenis maupun jumlah, memang perlu diperhatian. -instagram.com-

LINGGAUPOS.CO.ID — Manusia membutuhkan makanan untuk bertahan hidup. Namun, tidak sembarang makanan bisa disantap begitu saja. Makanan yang paling baik itu, adalah makanan bergizi. Makanan ini mengandung beragam nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. 

Makanan sehat dibutuhkan tubuh untuk menjaga fungsi organ dan memastikan kinerjanya. Secara umum, jenis Makanan yang tergolong dalam kelompok Makanan sehat mengandung berbagai nutrisi. 

Syarat makanan yang sehat (4 sehat 5 sempurna), yaitu bersih, memiliki gizi yang baik dan seimbang. Keseimbangan makanan sehat adalah makanan yang memiliki kandungan karbohidrat, protein, lemak, dan vitamin.

Asupan nutrisi untuk tubuh bisa didapat dari beragam jenis makanan sehat, tidak terbatas pada satu jenis saja. Bahkan, disarankan untuk mengonsumsi ragam menu untuk menunjang pertumbuhan dan perkembangan tubuh. Mengonsumsi berbagai jenis makanan bisa memberikan nutrisi yang berbeda, sehingga gizi yang diperlukan oleh tubuh bisa terpenuhi.

BACA JUGA:Soal Anggaran Pilkada 2024, Ini Komitmen Pemerintah Kabupaten Muba

Makanan sehat seharusnya dapat memberikan beragam kandungan nutrisi dalam jumlah yang memadai, termasuk mineral dan vitamin. Selain itu, makanan bergizi bisa dimanfaatkan sebagai sumber energi. Sehingga manusia dapat beraktivitas dalam kehidupan sehari-hari. 

Memasuki masa kehamilan, tentunya Moms harus memulai mengonsumsi makanan bergizi dan juga sehat demi kebaikan janin. Pasalnya, ada beberapa makanan yang tidak direkomendasikan untuk ibu hamil.

Trimester pertama kehamilan bisa dibilang merupakan saat-saat yang rentan karena ibu mesti benar-benar menjaga kesehatannya. Mulai dari makanan, aktivitas, hingga pola istirahat harus diperhatikan agar ibu dan janin tetap sehat.

Asupan nutrisi selama kehamilan, baik jenis maupun jumlah, memang perlu diperhatian. Apalagi, kebutuhan berbagai jenis asupan gizi akan bertambah seiring dengan usia kehamilan.

BACA JUGA:64 Motor Surat Sebelah Diamankan Polres Lubuklinggau, yang Pernah Kehilangan Silahkan Cek ke Sini

Pada trimester pertama kehamilan misalnya, jumlah kalori yang dikonsumsi umumnya tidak perlu ada penambahan. Namun saat memasuki trimester kedua dan ketiga, asupan kalori yang dibutuhkan dapat bertambah mencapai 340-450 kalori per hari.

Pemilihan asupan makanan pun tidak bisa sembarangan. Sehingga harus memastikan benar-benar makanan sehat untuk ibu hamil yang dikonsumsi.

Asupan makanan yang ideal bagi ibu hamil bukan berdasar pada jumlah porsi, melainkan jumlah kandungannya.

Makanan harus mengandung vitamin dan mineral yang dibutuhkan untuk perkembangan janin dalam kandungan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: