Bidang Pertanian dan Perkebunan, Ini Yang Akan Dilakukan Rodi Wijaya dan Imam Senen Untuk Kota Lubuk Linggau

Bidang Pertanian dan Perkebunan, Ini Yang Akan Dilakukan Rodi Wijaya dan Imam Senen Untuk Kota Lubuk Linggau

Pasangan Calon Wali Kota dan Wali Kota Lubuk Linggau H Rodi Wijaya - Imam Senen sudah menyiapkan program bidang perkebunan dan pertanian untuk masyarakat --

LINGGAUPOS.CO.ID – Soal perkebunan dan pertanian  di Kota Lubuk Linggau pasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota nomor urut 1, H Rodi Wijaya-H Imam Senen (ROIS) sudah menyiapkan program untuk mensejahterakan masyarakat.

Dibidang pertanian dan perkebunan, pemerintahan ROIS akan melakukan penambahan alokasi pupuk bersubsidi. Kemudian bantuan alat mesin pertanian serta pengembangan varietas bibit unggul buah sayur yang berbeda di setiap kelurahan. 

Diketahui pada 2023 lalu,  alokasi pupuk subsidi di Kota Lubuk Linggau sesuai Peraturan Gubernur Sumsel tahun 2022, untuk jenis pupuk Urea sebanyak 843 ton dan pupuk NPK 632 ton.

Sementara luasan perkebunan di Lubuk Linggau terdiri dari perkebunan karet 11.873 ha, kelapa 215 ha, sawit 917 ha, Kopi 1.260 ha, dan Lada 40 ha dalam catatan Badan Pusat Statistik (BPS) Sumsel tahun 2022.

BACA JUGA:ROIS Terbukti Berpengalaman, Ini 8 Program Unggulan Non Fisik yang Akan Dijalankan Rodi Wijaya – Imam Senen

Sedangkan luas lahan pertanian persawahan yang dialiri irigasi seluas 1.551 ha, dengan rincian di Kecamatan Lubuk Linggau Barat I 322 ha, Barat II 95 ha, Selatan I 175 ha , Selatan II 790 ha, Timur I 71 Ha, Utara I 270 Ha dan Utara II 27 ha.

Selain itu, untuk sawah non irigasi atau tadah hujan seluas 333 Ha tersebar di Selatan I 71 Ha, Selatan II 128 Ha, Utara I 126 Ha dan Utara Ii 8 Ha. Jadi total lahan persawahan di Lubuklinggau seluas 1.884 Hektar.

Dari luasan lahan persawahan dan sebaran pupuk subsidi ini, sering terjadi kekurangan. Kendala ini terus dihadapi kalangan petani, karena alokasi sering bergantian sehingga pertanian di Lubuklinggau kurang memuaskan.

Salah seorang petani di Tanjung Harapan Kelurahan Moneng Sepati Kecamatan Lubuklinggau Selatan II,Mulyono bercerita, ia terpaksa membeli pupuk non subsidi karena pupuk subsidi susah didapat.

BACA JUGA:Program Bagus Percuma Kalau Tidak Pengalaman, Rodi Wijaya – Imam Senen Sudah Terbukti

Mulyono pun sudah berkeliling mencari pupuk subsidi ke wilayah Lubuk Linggau hingga wilayah Tugumulyo Kabupaten Musi Rawas.

Untuk itu, pemerintahan ROIS jika terpilih dan diberi amanah untuk menjadi pemimpin, siap atasi kesulitan pupuk bagi para petani.

Hal ini bertujuan guna mendukung kesejahteraan para petani dan meningkatkan hasil produksi padi. Karena Lubuk Linggau bisa memenuhi kebutuhan pangan lokal, sudah seharusnya ketersedian pupuk harus selalu ada dan akan ditambah.

Artinya, pemerintah daerah akan melakukan intervensi positif sehingga tidak ada lagi petani sulit mendapatkan pupuk.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: