Lapas Narkotika Kelas IIA Muara Beliti Gelar Pelatihan Kader Kesehatan Bagi WBP

Lapas Narkotika Kelas IIA Muara Beliti Gelar Pelatihan Kader Kesehatan Bagi WBP

Lapas Narkotika Kelas IIA Muara Beliti menggelar Pelatihan Kader Kesehatan bagi Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP), Senin 23 September 2024.-Foto: Humas Lapas Narkotika Kelas IIA Muara Beliti-

LINGGAUPOS.CO.ID - Dalam rangka pengendalian penyakit menular HIV dan TBC di Lapas, Lapas Narkotika Kelas IIA Muara Beliti menggelar Pelatihan Kader Kesehatan bagi Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP). 

Kegiatan ini diikuti oleh 10 orang WBP dan dilaksanakan di ruang Media Center, Senin 23 September 2024.


Lapas Narkotika Kelas IIA Muara Beliti menggelar Pelatihan Kader Kesehatan bagi Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP), Senin 23 September 2024.-Foto: Humas Lapas Narkotika Kelas IIA Muara Beliti-

Kader kesehatan terpilih mengikuti program yang dirancang untuk membekali mereka dengan keterampilan dasar di bidang kesehatan, khususnya Bantuan Hidup Dasar (BHD) dan pemahaman tentang Infeksi Menular Seksual (IMS). 

Pelatihan ini bertujuan untuk menciptakan kader-kader yang mampu menjadi garda terdepan dalam pencegahan penyakit menular di lingkungan Lapas dan memberikan pertolongan pertama dalam keadaan darurat.

Kader kesehatan ini juga ditunjuk sebagai perpanjangan tangan petugas kesehatan untuk memberikan motivasi dan penyampaian informasi dalam menjaga kesehatan di Lapas/Rutan/LPKA. 

Kegiatan pelatihan kader kesehatan ini mendapat dukungan dari Global Fund TB dan HIV yang mana langsung dihadiri oleh Mia Widyastuti dari Global Fund Ditjenpas secara virtual. 

BACA JUGA:Lapas Narkotika Kelas IIA Muara Beliti Terus Berkomitmen Berikan Layanan Kesehatan Prima Bagi WBP

BACA JUGA:Ciptakan Karakter Tangguh, Lapas Narkotika Muara Beliti Gelar Kegiatan Pembinaan Fisik, Mental dan Disiplin

Selanjutnya para peserta kader kesehatan diberikan materi tentang informasi dasar DBD, informasi dasar HIV/ AIDS, informasi dasar TB dan pengertian Kader kesehatan yang disampaikan oleh Muniawati selaku perawat Terampil di Lapas Narkotika Kelas IIA Muara Beliti.

Kalapas, Ronald Heru Praptama melalui Kasi Binadik, Taufik  mengharapkan kepada seluruh peserta agar mengikuti kegiatan dengan sungguh-sungguh agar ilmu yang didapatkan bisa dipergunakan dengan baik dalam pelaksanaan tugas sebagai kader kesehatan. 

"Rekan-rekan merupakan ujung tombak kami dari tim klinik Lapas Muara Beliti, maka saya berharap agar dapat mengikuti kegiatan ini dan memperhatikan setiap materi yang diberikan" harapnya.

Dilain kesempatan, Kalapas menjelaskan bahwa tujuan pengangkatan kader kesehatan ini adalah untuk membantu tenaga medis juga. 

BACA JUGA:Jajaran Pegawai Lapas Narkotika Muara Beliti Ikuti Kegiatan Maulid Nabi di Lingkungan Kemenkumham Sumsel

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: