Kuota Subsidi Motor Listrik 2024 Rp7 Juta Ludes, Akankah Dilanjutkan Prabowo?

Kuota Subsidi Motor Listrik 2024 Rp7 Juta Ludes, Akankah Dilanjutkan Prabowo?

Motor Listrik--Instagram @mobilindo_id

LINGGAUPOS.CO.ID – Kuota subsidi untuk kendaraan motor listrik yakni sebesar Rp7 juta ludes terserap oleh masyarakat per kemarin, Rabu, 4 September 2024.

Melansir dari data Sistem Informasi Bantuan Pembelian Kendaraan Bermotor Listrik Roda Dua yang dikutip pada Kamis, 5 September 2024, alokasi anggaran yang tersedia di 2024 ini tertulis 0, alias sudah terserap sepenuhnya.

Selain itu, subsidi yang sudah disalurkan ini juga sebanyak-banyaknya sekitar 30.067 unit, dan jumlah subsidi yang tersalurkan ini jauh melampaui capaian sepanjang 2023 yakni sebanyak 11.532 unit.

Sementara itu, ada sebanyak 21.555 unit motor listrik sisanya saat ini sedang dalam proses pendaftaran atau verifikasi STNK, dan jumlah yang telah terverifikasi sebanyak 9.235 unit.


Ilustrasi motor listrik.--Instagram @mobilindo_id

Dengan demikian diartikan ada sebanyak 60.857 unit kendaraan motor listrik sudah diterima oleh masyarakat sepanjang 2024 ini.

Walaupun demikian, saat ini belum ada kepastian apakah program subsidi motor listrik tersebut bakal berlanjut pada 2025 nanti.

Sebagai informasi, pemerintah sudah mengucurkan subsidi motor listrik senilai Rp7 juta per unit guna percepatan populasi elektrifikasi lewat Peraturan Menteri Perindustrian (Permenperin) No. 21/2023 terkait perubahan atas Permenperin No. 6/2023.

Beleid tersebut justru mengubah syarat penerimaan subsidi yang awalnya dari 4 golongan menjadi 1 NIK untuk 1 unit.

BACA JUGA:Dibekali Tenaga Kuda dan 9 Fitur Menarik, Segini Harga Motor Listrik Alessa EX3000

Diketahui, ada sebanyak 50 ribu unit kuota subsidi juga telah disampaikan untuk anggaran 2024, serta ada juga tambahan kuota sebanyak 10.700 unit di Agustus 2024 lalu.

Sebelumnya disebut bahwa Asosiasi Industri Sepeda Motor Listrik Indonesia (Aismoli) berharap supaya program subsidi motor listrik sebesar Rp7 juta tetap berlanjut di bawah pemerintahan baru yang akan dipimpin oleh Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka.

Budi Setiyadi selaku Ketua Umum Aismoli menegaskan jika program subsidi motor listrik ini sudah memberi dampak positif untuk industri serta masyarakat.

Hal tersebut dikarenakan subsidi ini dianggap penting guna mendorong adopsi motor listrik di Indonesia serta mendukung pengembangan ekosistem kendaraan yang ramah lingkungan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: