Harap Catat! Inilah 5 Hal yang Wajib Diperhatikan Sebelum Membeli Motor Listrik

Harap Catat! Inilah 5 Hal yang Wajib Diperhatikan Sebelum Membeli Motor Listrik

Ilustrasi motor listrik.--Instagram @charged.indonesia

LINGGAUPOS.CO.ID – Sebelum kamu memutuskan untuk membeli motor listrik dan beralih pada motor konvensional, harap catat 5 hal yang wajib diperhatikan.

Putra selaku marketing motor listrik Volta menyebut bahwa konsumen yang tertarik pada motor listrik wajib perlu melihat beberapa aspek ini.

Melansir dari pernyataan Putra selaku marketing Volta, yang dikutip pada Jumat, 26 Juli 2024, sebelum membeli seperti baterai yang dipakai pada unit motor hingga after sales mengenai suku cadang.

Disebutkan bahwa, sebelum kamu memutuskan membeli motor listrik, hal yang harus diperhatikan yakni baterai.

BACA JUGA:Gogoro Pulse: Motor Listrik Berteknologi Canggih dengan Harga yang Bikin Penasaran, Cek di Sini

"Baterai minimal harus lithium, kalau di Volta sudah lithium dan LifePO4 sudah yang teknologi terbaru, kedua perhatikan after sales untuk pembelian spare part-nya susah," ucap Putra di tenant Volta Gaikindo Indonesia Internasional Auto Show (GIIAS) 2024.

Lebih lanjut, ia menyebut bahwa calon pembeli biasanya juga bakal memperhatikan baterai yang digunakan pada unit motor listrik, apakah baterai tersebut sudah lithium, atau masih Sealed Lead Acid (SLA).

Sementara itu, pembeli juga biasanya bakal memperhatikan model serta harga, yang sama seperti melihat motor bensin pada umumnya.

Calon pembeli juga diharapkan perlu untuk mengetahui apakah showroom dari motor listrik yang bakal dibeli ini menyediakan suku cadang supaya tidak kesulitan saat terjadinya kerusakan pada motor listriknya.

BACA JUGA:SM Sport E-Classic: Motor Listrik Bergaya Jadul Mirip Honda Super Cub, Cek Performanya di Sini

Terdapat hal lain yang menjadi catatan dan perhatian kamu, Putra menyebut kamu harus mengetahui di mana saja tempat tersedianya stasiun pengisian baterai atau tempat menukar baterai.

"Kita juga harus ada perubahan perilaku yang tadinya motor bensin nggak mikirin kita perjalanan jauh selama ada pom bensin bisa, tapi kalau motor listrik kita harus lihat stasiun yang bisa swap baterai," katanya.

Selain itu, Putra juga menjelaskan bahwa sebagian motor listrik dari berbagai merek biasanya mempunyai masalah pada baterai yang kemungkinan dapat saja drop.

Untuk itu, para pengguna motor listrik dapat untuk menyiasati guna memperpanjang masa guna baterai motor listrik dengan tidak mendiamkan motor atau bahkan tidak digunakan selama lebih dari dua hari.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: