Dinkes Lubuk Linggau Sukses Gelar Launching PIN Polio, 27.482 Anak akan Divaksinasi Polio

Dinkes Lubuk Linggau Sukses Gelar Launching PIN Polio, 27.482 Anak akan Divaksinasi Polio

Penjabat (Pj) Wali Kota Lubuk Linggau, H Trisko Defriyansa didampingi Plt Kadinkes Lubuk Linggau, Herdrawan foto bersama usai melaunching Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio tingkat Kota Lubuk Linggau tahun 2024 di SDN 58 Lubuk Linggau, Selasa 23 Juli 20-foto: agung perdana linggaupos.co.id-

LUBUK LINGGAU, LINGGAUPOS.CO.ID - Pemerintah Kota LUBUK LINGGAU melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) LUBUK LINGGAU sukses menggelar Launching Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio Tahun 2024 dan Peringatan Hari Anak Nasional Ke-40 Tingkat Kota LUBUK LINGGAU.di SDN 58 LUBUK LINGGAU, Selasa 23 Juli 2024. 

Penjabat (Pj) Wali Kota Lubuk Linggau, H Trisko Defriyansa melaunching Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio tingkat Kota Lubuk Linggau tahun 2024.

H Trisko Defriyansa kepada LINGGAUPOS.CO.ID mengatakan,”Pada Senin yang lalu kami sudah melakukan rapat koordinasi bersama Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Kemenkes dan tanggal 23 Juli 2024 ini bertepatan Hari Anak Nasional Ke-40 yakni melaksanakan PIN polio secara nasional di Papua yang dihadiri langsung oleh Presiden Joko Widodo,”katanya.

Dikatakannya, target imunisasi di Lubuk Linggau sebanyak 27.482 anak sedangkan capaiannya ditargetkan 95 persen.


Pj Wali Kota Lubuk Linggau, H Trisko Defriyansa didampingi Pj Ketua TP PKK Kota Lubuk Linggau, Hj Henita Andriani Trisko saat memberikan imunisasi polio ke salah satu anak saat Launching PIN Polio di SDN 58 Lubuk Linggau, Selasa 23 Juli 2024.-foto: agung perdana linggaupos.co.id-

Kemudian, tim medis kesehatan juga jemput bola terhadap anak-anak yang berusia 0 hingga 7 tahun.

“Jadi memang ini betul-betul memang dilakukan karena ada kasus polio lumpuh di Papua Selatan dan dalam waktu bersamaan juga dilaksanakan kegiatan serupa sesuai dengan regulasi Menteri Kesehatan RI,”ungkapnya.

Lanjutnya, 2014 lalu Indonesia sudah dinyatakan bebas polio akan tetapi akhir-akhir ini tepatnya pada 9 Maret 2024 lalu di Papua Selatan ditemukan kasus penyakit polio. 

“Hari ini dilakukan PIN polio secara serentak di 29 Provinsi di Indonesia dengan dosis satu dan dosis dua,” jelasnya. 


Penjabat (Pj) Wali Kota Lubuk Linggau, H Trisko Defriyansa foto bersama usai melaunching Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio tingkat Kota Lubuk Linggau tahun 2024 di Halaman SDN 58 Lubuk Linggau, Selasa 23 Juli 2024.-foto: agung perdana linggaupos.co.id-

Kemudian, dosis kesatu berlangsung 23-29 Juli 2024 sedangkan dosis kedua dilaksanakan pada 6-12 Agustus 2024.

Ia menambahkan, penyakit polio disebabkan oleh virus polio yang bisa menyebabkan kelumpuhan, anak-anak yang berusia 0 sampai tujuh tahun diwajibkan untuk diberikan vaksin polio karena penyakit ini tidak ada obatnya kecuali upaya pencegahan,” tambahnya. 

Ia meminta kepada petugas Dinas Kesehatan agar melakukan vaksinasi polio secara masif baik jemput bola maupun terpusat. 

“Secara terpusat vaksinasi polio ini dilakukan di 10 titik baik di sekolah maupun tempat umum, namun metode dor to dor yang harus dimasifkan dengan target 95 persen. Sehingga harapan kita Kota Lubuk Linggau zero kasus polio,” tegasnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: