Bangga! BL-SEV01: Motor Listrik Garapan Mahasiswa yang Bisa Ngebut 140 Km/Jam, Cek Speknya

Bangga! BL-SEV01: Motor Listrik Garapan Mahasiswa yang Bisa Ngebut 140 Km/Jam, Cek Speknya

Motor listrik BL-SEV01.--Instagram @motorplusonlinedotcom

LINGGAUPOS.CO.ID – Sangat membanggakan, bahwasannya mahasiswa dari Unisersitas Budi Luhur secara resmi meluncurkan motor listrik buatannya yang diberi nama dengan Sport Electric Vehicle 01(BL-SEV01).

Motor listrik BL-SEV1 ini lahir dari riset panjang universitas yang juga ikut serta guna penciptaan era motor listrik di Tanah Air.

Melansir dari Instagram @motorplusonlinedotcom yang dikutip pada Jumat, 19 Juli 2024, motor listrik BL-SEV01 didukung dengan motor listrik BLDC 96 Volt dengan tenaga capai 16 kW yang didukung oleh baterai 48 Ah serta controller 96 Volt 200 Ampere.

Menariknya, motor listrik buatan mahasiswa ini diklaim mampu melaju 110 kilometer untuk sekali pengisian baterai hanya dengan waktu pengisian baterai hanya 4 jam.

BACA JUGA:GT Aero: Motor Listrik Murah Rp6 Jutaan yang Punya Jarak Tempuh 88 Km, Begini Spek Lengkapnya

Pada sisi desainnya, para penelitian dari Universitas Budi Luhut ini memilih model Café Racer guna menegaskan performa serta kemampuannya ini layaknya motor sport yang kuat, tangguh serta agresif.

Adapun pemilihan desain dari motor listrik ini diketahui disesuaikan dengan performa dari BL-SEV01 yang setara dengan motor sport 300 cc.

Sementara itu, Kasih Hanggoro selaku Ketua Badan Pengurus Harian (BPH) Yayasan Pendidikan Budi Luhur Cakti yang mengatakan bahwa Universitas Budi Luhur ini sudah lama setelah merencanakan pengembangan mobil atau motor listrik yang jadi hasil karya anak bangsa.

"Riset yang kami kembangkan ini menjadi bagian dari misi Universitas Budi Luhur dalam memfasilitasi dan memotivasi sivitas akademika untuk mencapai penelitian bermutu, serta melakukan kegiatan yang bermanfaat bagi kesejahteraan masyarakat luas," tutur Hanggoro.

BACA JUGA:Midwest: Motor Listrik Moge yang Dikendarai Gibran Rakabuming, Intip Spek dan Harganya

Motor listrik BL-SEV01 ini juga dikembangkan oleh civitas akademis dari Universitas Budi Luhur.

Bahkan selain itu juga, pengembangan dari motor listrik ini dapatkan juga dukungan dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) serta dibantu oleh Katros Garage guna desain kendaraan.

Rektor dari Universitas Budi Luhur yakni Wendi Usino melaporkan bahwa pengajar serta mahasiswa Universitas Budi Luhur dalam kembangkan motor listrik, baterai serta modul yang digunakan oleh motor listrik BL-SEV01.

"Ketiga komponen utama sebuah motor listrik ini sudah dikembangkan sedemikian rupa agar bisa bekerja secara optimal sesuai dengan kondisi, karakteristik, dan medan di Indonesia. Semua komponen yang dikembangkan ini sudah teruji dan terbukti bisa berfungsi dengan baik setelah melalui rangkaian tes di laboratorium milik LIPI," jelas Wendi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: