Salat Idul Adha Wajib Keramas, Benarkah? Cek Hukum, Niat dan Waktu Terbaiknya di Sini

Salat Idul Adha Wajib Keramas, Benarkah? Cek Hukum, Niat dan Waktu Terbaiknya di Sini

Ilustrasi keramas--Freepik

LINGGAUPOS.CO.ID – Idul Adha jatuh pada setiap 10 Dzulhijjah, pada waktu tersebut, seluruh umat Muslim bakal melaksanakan ibadah khusus di antaranya yakni melaksanakan salat Idul Adha, berhaji, hingga menyembelih hewan kurban.

Setiap ibadah tentulah punya aturannya masing-masing yang khusus diikuti supaya pelaksanaannya sah dilakukan, termasuk dalam melaksanakan salat Idul Adha.

Sama halnya Idul Fitri, umat Muslim juga bakal melaksanakan salat sunnah saat Idul Adha, untuk itulah umat Muslim dianjurkan untuk mandi terlebih dahulu sebelum melaksanakan ibadah tersebut, lantas bagaimna aturan serta tata caranya? Benarkah wajib karmas?

Melansir dari kitab Hasyiyah al-Bajuri jilid 1, yang dikutip pada Selasa, 11 Juni 2024, anjuran untuk mandi pada Idul Adha ini disebutkan dalam kitab tersebut, dan disebut bahwa mandi saat Idul Adha hukumnya sunnah, sebagaimana mandi sebelum salat Idul Fitri.

BACA JUGA:Idul Adha 2024 Menurut Pemerintah, NU dan Muhammadiyah, Samakah dengan Arab Saudi

Namun, mandi Idul Adha ini tidaklah seperti mandi biasa pada umumnya, karena terdapat beberapa cara khusus serta niat yang membedakannya.

Mandi Idul Adha ini diniatkan untuk mensucikan diri dari hadas besar serta kecil, oleh sebab itu, mandi ini disertai oleh niat dan tata cara yang khusus.

Untuk itu, yuk simak di bawah ini niat mandi Idul Adha yang dibaca sebelum membasuh tubuh, lafaznya adalah sebagai berikut.

Nawaitu sunnatal ghusli li’idil Adha

BACA JUGA:Harga Pangan di Sumatera Selatan Menjelang Idul Adha 2024, Telur, Daging dan Bawang Jadi Segini

Yang artinya: Saya niat sunnah mandi Idul Adha.

Menjadi catatan, mandi Idul Adha diawali dengan membaca niat seperti di atas, lalu dilanjutkan juga dengan mengguyur seluruh tubuh serta anggota badan lainnya.

Mandi ini haruslah dimulai dari ramput di kepala hingga telapak kaki dengan air bersih mengalir.

Adapun waktu pelasanaan mandi Idul Adha ini dapat dimulai sejak tengah malam pada Hari Raya Idul Adha atau pada 10 Dzulhijjah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: