Kelebihan dan Kekurangan Menitipkan Anak pada Neneknya, Apa Saja

Kelebihan dan Kekurangan  Menitipkan Anak pada Neneknya, Apa Saja

Kelebihan dan Kekurangan Menitipkan Anak pada Neneknya, Apa Saja--

LINGGAUPOS.CO.ID - Kamu adalah salah satu orang tua yang sama-sama bekerja? Dan juga lebih memilih menitipkan anak kepada nenek dan kakeknya?

Yuk disimak informasi berikut ini, tentang bagaimana kelebihan dan kekurangan jika kita sebagai orang tua menitipkan anak kepada nenek dan kakeknya untuk dijaga dan diasuh oleh mereka.

Dikutip LINGGAUPOS.CO.ID dari berbagai sumber pada Sabtu, 1 Juni 2024 berikut ini informasinya. Kekurangan diasuh nenek dapat meliputi berbagai tantangan dan dampaknya.

Berikut beberapa tantangan anak diasuh nenek:

BACA JUGA:Gokil! Fitur Terbaru Google Ini Bisa Ramal HP Mau di Copet, Benarkah? Cek di Sini

Keuangan. Jika memiliki keterbatasan sumber daya keuangan, kakek dan nenek yang membesarkan cucu seringkali mengalami kesulitan menghidupi dirinya sendiri.

Sekaligus kesulitan menyediakan tempat tinggal, makanan, dan pakaian yang layak untuk cucunya.

Ilmu parenting. Untuk menjadi orangtua yang baik, kakek-nenek perlu membekali diri dengan informasi terkini mengenai pola asuh anak masa kini.

Kesehatan jasmani dan mental. Lansia cenderung memiliki energi dan kesehatan fisik yang terbatas sehingga membesarkan cucu bukanlah perkara yang mudah lagi untuk dilakukan bagi usia mereka saat ini yang seharusnya untuk digunakan beristirahat.

BACA JUGA:Heboh, Setelah UMP, Kini Mahasiswa UIN Palembang Diduga Plagiat Skripsi, Begini Modusnya

Sosial. Lansia yang membesarkan cucu seringkali memiliki lebih sedikit waktu untuk dihabiskan bersama pasangan dan teman-temannya.

Dampak psikologi:

Anak-anak di bawah usia 18 tahun yang tinggal bersama kakek nenek berpenghasilan rendah memiliki kondisi yang lebih buruk dibandingkan anak-anak yang tinggal bersama orangtuanya.

Anak-anak yang berada di bawah pengasuhan kakek nenek memiliki lebih banyak masalah perilaku, emosional, dan terkait sekolah dibandingkan anak-anak pada umumnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: