Tertarik dan Berminat Jadi Masinis PT KAI? Inilah Tugas dan Syarat Daftarnya, Cek di Sini
Masinis PT KAI.--
BACA JUGA:Review Detail Oppo Reno 11F, Handphone dengan Kamera Canggih, Cek Harga dan Keunggulannya di Sini
Saat kamu akhirnya lulus program pendidikan dan pelatihan tersebut, selanjutnya kamu akan diarahkan ke program magang di DEPOT atau Perawatan Kereta Api, sebelum akhirnya kamu diberikan sertifikasi masinis.
Kemudian, program pendidikan dan pelatihan ini ternyata berbentuk pendidikan militer. Jadi, persiapkan diri kamu untuk tetap fit ya!
4. Punya jam terbang minimal 2000 jam!
Fakta menarik nih buat kamu yang tertarik berkarir jadi masinis. Ternyata, proses menjadi masinis nggak cuma sampai dapat sertifikasi masinis saja.
Setelah merampungkan pendidikan dan pelatihan di BPPT, kamu belum bisa mengoperasikan kereta api secara langsung.
Anda akan diarahkan dulu sebagai seorang asisten masinis yang membantu masinis utama dalam mengoperasikan kereta api.
Kamu juga perlu punya jam terbang minimal 2000 jam sebelum bisa mengajukan diri sebagai masinis utama.
Selain jadi seorang asisten masinis, kamu pun diwajibkan untuk bisa mengendarai atau mengoperasikan kereta dalam kota (KRL & KRD) dan kereta antara kota yang ada di Jawa, Sumatera.
Proses sebagai seorang asisten masinis dan operator kereta dalam dan antara kota ini masih merupakan proses pendidikan dan pelatihan untuk bisa jadi masinis.
Selain itu, prosesmu sebagai asisten masinis dan operator kereta dalam dan antara kota juga jadi “portofolio” jam terbangmu dalam mengoperasikan kereta.
Setelah kamu mendapat jam terbang minimal 2000 jam itu, kamu pun akhirnya bisa mengajukan diri menjadi seorang masinis utama dan bisa menjadi operator utama kereta api.(*)
Dapatkan update berita LINGGAUPOS.CO.ID di platform media sosial, dengan klik LINK INI
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Sumber: