Apa Kabar Provinsi Sumsel Barat, Banyak Kabupaten Justru Lebih Siap

Apa Kabar Provinsi Sumsel Barat, Banyak Kabupaten Justru Lebih Siap

Apa Kabar Provinsi Sumsel Barat, Banyak Kabupaten Justru Lebih Siap--

LUBUK LINGGAU, LINGGAUPOS.CO.ID – Wacana pemekaran Provinsi Sumsel Barat sebelum ini, cukup kuat menggema. Namun kemudian redup.

Provinsi pemekaran dari Sumatera Selatan ini, wacananya terdiri dari Kota Lubuk Linggau, Kabupaten Musi Rawas dan Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara).

Kemudian Kabupaten Empat Lawang, Kota Pagar Alam dan Kabupaten Lahat. Dengan ibu kota di Lubuk Linggau.

Bahkan disebut-sebut, bahwa Kota Lubuk Linggau layak menjadi Ibu Kota Sumsel Barat karena sudah memiliki infrastruktur, seperti Bandara dan bangunan untuk kantor gubernur.

BACA JUGA:Wali Kota Prabumulih Dukung Pemekaran Provinsi Sumsel Barat, Angka Kemiskinan Jadi Alasan

Bangunan untuk kantor gubernur disebutkan adalah gedung eks kantor Bupati Musi Rawas, yang berada di Kelurahan Air Kuti Kecamatan Lubuk Linggau Timur I.

Tapi sampai dengan kini, belum ada gema dari Provinsi Sumsel Barat. Sebaliknya wacana pemekeran beberada kabupaten di Sumatera Selatan lebih siap.

Seperti wacana pembentukan Kabupaten Gelumbang dan Kikim Area. 

Kabupaten Gelumbang merupakan pemekaran dari kabupaten Muara Enim sebagai induknya. Mencakup kecamatan Gelumbang, Lembak, Sungai Rotan, Muara Belida, Kelekar dan Belida Darat.

BACA JUGA:DPRD Lubuklinggau Belum Dukung Pemekaran Provinsi Sumsel Barat, Soal Nama Belum Final

 “Total luasan dari keenam kecamatan ini 1.655,44 kilometer persegi," ungkap Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Muara Enim, H Emran Tabrani, dikutip dari sumateraekspres.id, Jumat 26 April 2024. 

Dia menambahkan, bakal DOB Gelumbang sudah memenuhi persyaratan administrasi. 

"Sudah diusulkan melalui Gubernur Sumsel kepada Kementerian Dalam Negeri," ujarnya.  

Saat ini tinggal menunggu dari Kemendagri melakukan kajian. DOB Gelumbang  mendapat persetujuan DPRD Muara 30 Agustus 2016. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: