Ingin Daftar Bintara dan Tamtama Polri? Ketahui Perbedaannya di Sini

Ingin Daftar Bintara dan Tamtama Polri? Ketahui Perbedaannya di Sini

Ratusan Calon Bintara dan Tamtama Polri Gelombang I, Tahun 2024, mendaftarkan diri mengikuti tes penerimaan di Mapolres Mura.-Foto: Humas Polres Musi Rawas-

LINGGAUPOS.CO.ID - Selasa 23 April 2024, hingga, Rabu 24 April 2024 Bagian Sumber Daya Manusia Polres Musi Rawas (SDM Polres Mura), melaksanakan Rikmin Awal, sekaligus pengukuran tinggi dan berat badan ulang, Calon Bintara dan Tamtama Polri Gelombang I, Tahun 2024.

Sebanyak 126 Calon Taruna/Taruni Akpol Gelombang I, Tahun 2024 usai melaksanakan Pemeriksaan Adminitrasi (Rikmin) Awal, sekaligus pengukuran tinggi dan berat badan ulang, Jumat 19 April 2024 lalu.

Ratusan Calon Bintara dan Tamtama Polri Gelombang I, Tahun 2024, mendaftarkan diri mengikuti tes penerimaan di Mapolres Mura.

Jika Anda yang bercita-cita menjadi polisi pasti sudah dengar istilah Bintara dan Tamtama. Nah sebenarnya apa sih maksud dan perbedaan antara Tamtama dan Polri? 

BACA JUGA:126 Calon Bintara dan Tamtama Polri Ikuti Rikmin Awal di Polres Musi Rawas

Terdapat jenjang karir dan kepangkatan pada setiap instansi pemerintahan, begitu pula dengan Instansi Polri. Jenjang kepangkatan Polri disesuaikan dengan jenjang pendidikan, masa mengabdi dan prestasi.

Dilansir dari Peraturan Kapolri Nomor 3 Tahun 2016 tentang Administrasi Kepangkatan Polri, golongan kepangkatan Polri terdiri dari Perwira, Bintara, dan Tamtama. Lalu, apa saja perbedaan antara Tamtama dan Bintara Polri?

Pengertian Tamtama Polri

Tamtama Polri merupakan golongan pangkat kepolisian yang paling rendah atau setingkat di bawah Bintara. Tamtama Polri bertugas sebagai garda terdepan dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat.

BACA JUGA:133 Calon Bintara Lulus Rikmin Awal di Polres Musi Rawas

Biasanya Tamtama Polri akan ditempatkan di satuan Brimob yang lebih sering terjun langsung ke lapangan.

Berdasarkan Peraturan Kapolri Nomor 3 Tahun 2016 tentang Administrasi Kepangkatan Polri, Golongan Kepangkatan Tamtama dari yang tertinggi hingga terendah terdiri atas;

1. Ajun Brigadir Polisi (Abrip),

2. Ajun Brigadir Polisi Satu (Abriptu),

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: