Sering Dialami, Inilah 4 Tips Atasi Perasaan FOMO, Yuk Kenali Gejalanya

Sering Dialami, Inilah 4 Tips Atasi Perasaan FOMO, Yuk Kenali Gejalanya

Tips atasi perasaan FOMO.--Freepik

LINGGAUPOS.CO.ID – Internet merupakan salah satu ha penting yang sulit untuk dilepas dari kehidupan masyarakat saat ini.

Namun dalam perkembangannya sekarang, penggunaan internet dapat mengalami sejumlah gangguan yang berdampak pada psikis serta kecemasannya.

Diambil dari berbagai sumber yang dikutip pada Rabu, 17 April 2024, gejala ini sering dinamakan dengan FOMO (Fear of Missing Out). FOMO ini sudah diidap sebanyak 40 persen pengguna internet di dunia.

Menurut informasi, FOMO dijelaskan sebagai adanya perasaan cemas, gelisah hingga takut akan kehilangan momen berharga yang dimiliki teman atau kelompok sebayanya, sementara ia tak dapat terlibat di dalamnya.

BACA JUGA:Pelaku Pembunuhan Ibu dan Anak di Palembang Diringkus, Motifnya Karena Dendam

Gangguan seperti ini menjadi salah satu bentuk dari kecemasan yang ditandai dengan adanya keinginan untuk selalu mengetahui apa yang orang lain lakukan termasuk lewat media sosial.

Dengan tiga indikator yaitu ketakutan, kekhawatiran serta kecemasan menjadi sosok yang erat kaitannya dengan FOMO.

Pada saat seseorang alami FOMO, ia akan terus tertarik untuk memakai internet sehingga berdampak pada kecanduan media sosial.

Pada remaja, ketergantungan media sosial sebab FOMO bisa mengakibatkan kehidupannya terganggu termasuk kesehatan mental.

BACA JUGA:Jelang Pilkada, Mantan Kades di Musi Rawas Temui Ridwan Mukti dan Lily, Ini Yang Dibahas

Media sosial memudahkan penggunanya termasuk pada remaja dalam mengakses berbagai informasi yang sedang terjadi dan menimbulkan percakapan, ketinggalan percakapan dinilai menjadi bibit awal FOMO dapat timbul.

Kholida Ulifi Mubaroka S.Sos, M.Sos selaku Dosen Agama Islam Universitas Negeri Surabaya (Unesa) menyatakan sindrom FOMO cenderung ke arah yang tidak menentramkan hati.

Pemakaian teknologi atau media sosial bukanlah sebuah hal yang dilarang.

Lantas bagaimana jika kamu terlanjur mengidap sindrom FOMO ini, berikut inilah tips yang dapat dilakukan, simak di sini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: