UNESCO Akhirnya Akui Idul Fitri dan Idul Adha Sebagai Hari Besar Keagamaan Islam, Begini Asal Usulnya

UNESCO Akhirnya Akui Idul Fitri dan Idul Adha Sebagai Hari Besar Keagamaan Islam, Begini Asal Usulnya

UNESCO Akhirnya Akui Idul Fitri dan Idul Adha Sebagai Hari Besar Keagamaan Islam, Begini Asal Usulnya -Ilustrasi-Freepik com

LINGGAUPOS.CO.ID – United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO) kini telah mengakui Idul Fitri dan Idul Adha sebagai hari besar keagamaan Islam.

Setelah sebelumnya negara Indonesia mengusulkannya dan mendapat dukungan dari 30-an negara sebagai co-sponsor.

“Alhamdulillah, atas usulan Indonesia, dan didukung lebih dari 30 negara, UNESCO telah mengakui Hari Raya Idul Fitri dan Hari Raya Idul Adha sebagai hari besar keagamaan,” tulis instagram @kniukemdikbud, dikutip Sabtu, 6 April 2024.

"Usulan ini bertujuan untuk mencatatkan secara resmi hari raya tersebut dalam agenda UNESCO," ujar Oemar dalam keterangan video yang diterima di Jakarta, dikutip LINGGAUPOS.CO.ID pada Sabtu, 6 April 2024.

 

Proposal ini telah dibahas dan diputuskan dalam Pertemuan Dewan Eksekutif UNESCO ke-219 di Markas Besar UNESCO di Paris, Prancis, pada 13-27 Maret 2024, melalui Draft Decision 219/EX 37.

Dikutip dari situs resmi UNESCO, proposal tersebut menjadi bagian dari upaya diplomasi Indonesia untuk mempromosikan toleransi antar agama serta keragaman budaya dan agama di UNESCO.

Pengakuan resmi dari organisasi internasional seperti UNESCO akan mendorong pemahaman global tentang nilai-nilai budaya dan agama serta meningkatkan status dan citra perayaan keagamaan tersebut di mata dunia.

"Dengan mengakui ketaatan penting ini, hal ini akan mendorong dialog antar budaya, saling menghormati, dan pemahaman dalam kerangka UNESCO.

 

Dengan mengakui peristiwa-peristiwa ini, UNESCO menegaskan kembali komitmen teguhnya sebagai pendukung keanekaragaman budaya dan katalis untuk membangun jembatan pemahaman antar bangsa,” tulis keterangan dokumen tersebut.

Peran Indonesia Dalam Pengajuan Hari Raya Idul Fitri dan Idul Adha di UNESCO

Dikutip dari laman resmi World Population Review, Indonesia sendiri menjadi Negara nomor 2 di Dunia dengan jumlah penduduk muslim terbanyak.

Dengan total sekitar 236 juta penduduk Indonesia yang beragama islam.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: