Xi Jinping Temui Prabowo Subianto, Simak Misi Apa yang Dibahas

Xi Jinping Temui Prabowo Subianto, Simak Misi Apa yang Dibahas

Xi Jinping temui Prabowo Subianto.--Instagram @unexplnd

LINGGAUPOS.CO.ID – Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto melakukan kunjungan kehormatan ke Presiden China Xi Jinping di The Great Hall of The People di Beijing, China pada Senin, 1 April 2024.

Diambil dari berbagai sumber yang dikutip pada Rabu, 3 April 2024, pada pertemuan tersebut, Prabowo juga menyampaikan salam hangat dari Presiden RI Joko Widodo.

“Suatu kehormatan mendapat undangan dan diterima langsung oleh Presiden Xi Jinping di Beijing,” kata Prabowo dalam keterangannya.

Apabila tiada halangan, Prabowo yang baru akan dilantik sebagai presiden Indonesia pada Oktober nanti sangat berharap bisa terus mengimplementasikan rencana aksi penguatan kemitraan strategis antara Indonesia-China.

BACA JUGA:Resep Kue Lapis Surabaya, Empuk dan Cantik Cocok untuk Hidangan Lebaran 2024

Sementara itu, Xi Jinping menegaskan kesiapan China dalam hal memberi kontribusi positif dalam menjaga perdamaian serta stabilitas regional dan global.

Selain itu, ia juga menekankan akan pentingnya kerja sama dalam hal menjaga keamanan maritime di Asia Tenggara dan menyatakan kesiapannya untuk memperdalam kerja sama maritim dengan Indonesia.

China juga telah berkomitmen akan membantu negara-negara ASEAN dalam upaya pengentasan kemiskinan, dengan menunjukkan peran aktif China dalam mendukung pembangunan, serta kesejahteraan di kawasan Asia Tenggara.

Sementara itu, Hikmahyanto Juwana selaku Guru Besar Hukum Internasional Universitas Indonesia mengatakan Prabowo hadir ke China bukan dalam kapasitas sebagai presiden terpilih, melainkan sebagai Menhan.

BACA JUGA:Masuk Bursa Kandidat Kuat Calon Wali Kota Lubuk Linggau, Begini Tanggapan Rustam Effendi

Menurut Hikmahanto, walaupun Xi Jinping mungkin sudah menganggap Prabowo sebagai Presiden terpilih, sehingga ia ingin mendahului negara lainnya.

"Terutama pesaingnya yaitu Amerika Serikat untuk bisa terbuka dengan Prabowo, lalu kemudian membicarakan isu-isu bilateral karena mungkin menurut China, Indonesia ini sangat-sangat penting," kata Hikmahanto.

Selain itu, Hikmahanto juga menyebut, Xi Jinping tentu berharap Prabowo dapat seperti Presiden Jokowi dalam memandang China.

"Tapi kan kita tahu bahwa pak Prabowo selalu mengatakan bahwa kita akan menjaga jaga jarak yang sama antara Amerika dengan China. Ini yang mungkin beliau wujudkan dalam bentuk walaupun beliau datang ke China memenuhi undangan tentunya, tapi juga setelah itu pergi ke Jepang. Nah Jepang ini sebagai representasi dari Amerika," tambahnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: